Banyak Permintaan, Stok Plasma Darah di PMI Menipis

by -
PANTAU-Bupati Bogor Ade Yasin saat meninjau pendonor darah plasma ex pasien covid-19 / Metropolitan

METROPOLITAN.id – Melonjaknya kasus penularan covid-19 akhir-akhir ini membuat stok plasma darah kovalesen semakin menipis. Bahkan permintaan plasma darah konvalesen di UPTD PMI Cibinong setiap harinya meningkat.

Ketua PMI Kabupaten Bogor Zaenal Saprudin mengatakan, permintaan plasma darah konvalesen terjadi bukan belakangan ini. Namun sejak awal pandemi banyak sekali permintaan plasma darah tersebut. Karena dengan plasma darah konvalesen itu setidaknya dapat membantu pasien yang terpapar covid-19.

“Dari awal permintaan memang sudah ada, dan masih bisa terpenuhi,” kata Zaenal Saprudin, Selasa (29/6).

Dengan melonjaknya pasien covid-19 di wilayah Bogor, Zaenal mengaku permintaan plasma darah semakin tinggi. Hal tersebut rupanya tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang telah mendonorka plasma darahnya. Sehingga banyak permintaan plasma darah tidak dapat terpenuhi oleh pihaknya.

Baca Juga  Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat HUT Radar Bogor dan Harian Metropolitan

“Karena saat ini banyak sekali yang membutuhkan, sedangkan stok plasma di kita kadang ada kadang kosong. Sehingga banyak sekali yang tidak dapat terpenuhi oleh kita,” paparnya.

Zaenal juga mengungkapkan jika banyak mantan penyitas covid-19 yang tidak sadar akan pentingnya plasma darah yang dimilikinya. Sehingga ia pun mengaku perlu mensosialisasikan secara masif akan donor plasma darah tersebut.

“Upaya kita terus mensosialisasikan akhir-akhir ini lewat medsos agar ikut serta mendonorkan darah atau plasma, kita juga berkerjasama dengan berbagai pihak untuk menggerakan masyarakat yang pernah terpapar covid-19 ini agar ikut mendonorkan plasmanya,” bebernya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *