Bocah Hanyut, Tim SAR Acak-acak Kali Ciliwung

by -

METROPOLITAN – Tim Search and Rescue (SAR) melakukan pencarian terhadap seorang bocah berinisial A (4) yang tenggelam di Kali Cili­wung, Desa Pandansari, Ke­camatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (20/6) sore.

Pencarian meluas hingga Kelurahan Katulampa, Keca­matan Bogor Timur, Senin (21/6).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Hendra Sudirman, mengatakan, pencarian dila­kukan dengan melakukan penyisiran, baik melalui jalur sungai maupun secara visual melalui jalur darat. “Pagi ini Tim Rescue dari Basarnas Jakarta sudah kita kerahkan untuk melakukan koordinasi dengan unsur SAR gabungan yang sudah ada di lokasi ke­jadian guna memaksimalkan pencarian,” katanya.

Menurutnya, pencarian ren­cananya dibagi dua area. SRU pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur air menggunakan rubber boat dengan radius 3 KM dari lokasi kejadian. Lalu, SRU kedua akan menyisir melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual dengan radius 1 KM dari lo­kasi kejadian. “Dalam ope­rasi SAR ini kami melibatkan puluhan personel unsur SAR gabungan dari pusat serta Kota dan Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Baca Juga  Sudah Dua Hari Nenek Rokoyah Dicari Tim SAR

Sekadar diketahui, A teng­gelam di Kali Ciliwung tidak hanya seorang diri. Ia diketahui tenggelam bersama rekannya L (5) saat bermain di Kali Cili­wung, Desa Pandansari, Keca­matan Ciawi, Kabupaten Bogor, Minggu (20/6) sore.

Kabid Kedaruratan dan Lo­gistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16:00 WIB. Kedua kor­ban berinisial L dan A dike­tahui tengah bermain di Sungai Ciliwung. “Info semen­tara, sekitar jam 4 sore (sedang) hujan, anak hujan-hujanan main di kali,” kata Aris, Ming­gu (20/6).

Tidak diketahui pasti kedua bocah itu terbawa hanyut di aliran Sungai Ciliwung. Tim SAR gabungan yang menda­pat laporan langsung men­datangi lokasi dan mencari kedua korban. “Satu orang sudah ditemukan (korban L) kondisinya meninggal dunia dan dibawa ke RSUD Ciawi,” ujarnya.

Baca Juga  Sosialisasi Relokasi PKL Berujung Ricuh

Sementara korban A masih dalam pencarian Tim SAR gabungan. Pencarian dilaku­kan mulai dari titik awal ke­jadian hingga di sekitar Ben­dung Katulampa.

“Korban A belum ditemukan,” tutupnya. (rez/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.