Dedie Rachim Napak Tilas Raden Saleh di KPP Pratama

by -

METROPOLITAN – Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengunjungi bangu­nan cagar budaya yang be­rada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bogor di Jalan Ir H Juanda, Keca­matan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (9/6).

Selain diisi berbagai fasili­tas pelayanan, bangunan cagar budaya yang belum lama diresmikan itu juga be­risi nilai historikal tinggi. Baru saja masuk gedung, Dedie disuguhi beberapa lukisan yang merupakan karya ma­estro pelukis Raden Saleh Sjarif Boestaman atau yang familiar disapa Raden Saleh.

”Kita memberikan apresi­asi kepada KPP Pratama Kota Bogor, yang secara khu­sus mengalokasikan sebuah zona yang berada di wilayah pelayanan untuk dibuat se­macam galery karya dari seorang maestro pelukis In­donesia Raden Saleh,” kata Dedie di sela kunjungannya.

Baca Juga  Penelusuran Rektor IPB Arif Satria Positif Covid-19, Tujuh PNS Bogor Kontak Erat

Menurut Dedie, karya dah­syat milik Raden Saleh ter­sebut dirasa pas ditampilkan di KPP Pratama Kota Bogor. Secara historikal memang KPP Pratama Kota Bogor di­bangun sebagai kantor kese­kretariatan negara pada zaman kolonial.

Sejarah juga mencatat bahwa Raden Saleh sempat men­diami kantor tersebut ber­sama sang istri. Dan juga membuat karya berupa lu­kisan-lukisan realis yang menjadi karakternya.

”Jadi ada kaitan antara KPP Pratama, Raden Saleh, dan Kota Bogor. Dengan adanya galeri ini, kita juga diingatkan bahwa karya-karya besar beliau yang sangat konsen terhadap keindahan alam atau hewan,” sahutnya.

”Dan kesenian tinggi ini diharapkan bisa memicu ge­nerasi muda tentang kiprah beliau. Dan ternyata beliau meninggal dan dimakamkan di Kota Bogor,” ujar Dedie.

Baca Juga  Gantikan Ade Sarip, Dedie Rachim Nakhodai Kwarcab Pramuka Kota Bogor 2020-2025

Selain melihat karya-karya Raden Saleh di galeri, Dedie juga melihat bekas ruang bawah tanah yang berada persis di bawah gedung ter­sebut.

Dalam kunjungannya, De­die ditemani para pejabat di KPP Pratama Kota Bogor dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta komunitas Bike Heri­tage. (*/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *