DLH Kendalikan Sampah dengan KRL

by -

METROPOLITAN – Program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor sudah memiliki 400 lebih KRL di Kabupaten Bogor.

Sekretaris DLH Kabupaten Bogor, Anwar Anggana, mengatakan program KRL ini berada di bidang Pengendalian Pencemaran dan Ke­mitraan (PPK) DLH Kabupa­ten Bogor. ”Saat ini banyak masyarakat yang WFH. Oto­matis, produksi sampah rumah tangga pun meningkat. Tapi dengan adanya KRL semua itu seolah tidak berpengaruh,” kata Anwar. ­

Dalam KRL ini, tambah Anwar, masyarakat mengelo­la sampahnya sendiri dengan Bank Sampah. Ada empat komponen dalam KRL, ya­kni sanitasi, pengelola sam­pah, penghijauan dan nilai ekonomis untuk masyarakat.

”Ada dua kunci untuk me­nanggulangi sampah rumah tangga dan sampah liar, ya­kni gencarkan kembali bu­daya bebersih lingkungan serta memberikan sanksi tegas bagi pembuang sampah sembarangan,”tegasnya.

Baca Juga  Sampah Menggunung hingga Dua Meter, DLH ke Mana?

Dua poin ini, sambung dia, harus digenjot. Sanksi pun harus dipertegas untuk mem­perberat hukuman kepada oknum masyarakat yang mem­buang sampah sembarangan.

Senada, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan DLH Kabu­paten Bogor, Holid Mawardi, mengaku akan mendorong pengelolaan lingkungan hidup. Terlebih, hak atas lingkungan hidup bersih merupakan milik seluruh masyarakat.

“Pengelolaan lingkungan secara baik akan sulit dilaks­anakan bila hanya bergantung pada pihak tertentu dan tanpa melibatkan pihak-pihak lain. Karena itu sangat penting mewujudkan partisipasi ma­syarakat dan kemitraan yang dibangun dalam kegiatan perlindungan dan pengelo­laan lingkungan hidup,” ujar Holid.

Untuk kriteria KRL, sam­bung dia, ada tiga yakni pra­tama, madya dan zerowaste. Terlebih dibentuknya ‘Ka­bupatenku Green and Clean (KGC)’ ini bertujuan mewu­judkan kelestarian dan ke­bersihan lingkungan serta mengungkapkan keprihati­nan atas berkurangnya per­tahanan bumi dari keke­ringan, pemanasan global, perubahan iklim dan kerusa­kan lain yang terjadi karena kelalaian sebagai pemeli­hara alam.(yok/py)

Baca Juga  Hasil Lab Pabrik Mayora Dinilai Cacat Hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published.