Formi Bertekad Bangkitkan Olahraga Tradisional

by -

METROPOLITAN – Ketua Umum Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Bogor, Usep Su­pratman, menegaskan induk organisasi olahraga rekreasi yang diketuainya akan terus menggelorakan kebangkitan olahraga tradisional.

“Olahraga tradisional saat ini punya tantangan yang sangat besar dan harus ber­perang melawan game online atau kecanduan gadget yang berlebihan di kalangan anak anak atau remaja saat ini,” tegas Usep Supratman usai memberi materi di kegiatan Bimtek Ortrad Gelombang I di Hotel Megamendung Per­mai, Senin (7/6).

Menurutnya, olahraga tra­disional seperti dagongan, sumpitan, tarompah panjang, egrang, jemparingan, dan lain-lain merupakan warisan budaya leluhur bangsa ini.

Formi dan Seksi Ortrad dan Layanan Khusus Dispora Ka­bupaten Bogor, sambung Usep, yang menaungi olahraga re­kreasi dan tradisional akan jadi ujung tombak dalam pelestarian semua jenis atau bentuk olahraga tradisional yang sudah mulai terkikis perkembangan zaman.

Baca Juga  Wabup Bogor: Olahraga Rekreasi Harus Menggeliat

Saat ini, tambah Usep, Formi Kabupaten Bogor sudah mem­bentuk tim khusus yang akan melakukan sosialisasi olahraga tradisional kepada semua ka­langan guru PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat yang ada di 40 kecamatan.

“Tim Ortrad dari Formi Ka­bupaten Bogor mulai pekan depan akan terjun ke semua kecamatan dalam pemasalan dan Bimtek Ortrad di tingkat kecamatan se-Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Formi Kabupaten Bogor, jelas Usep, akan menggandeng Ikatan Guru Olahraga (Igora) dan Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) dalam mela­kukan pemasalan atau sosia­lisasi olahraga tradisional kepada guru olahraga di ting­kat kecamatan.

Diketahui, 40 guru olahraga tingkat sekolah dasar yang berasal dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor sejak Senin hingga Rabu (7–9/6) mengik­uti kegiatan Bimtek Olahraga Tradisional Gelombang ke-1.

Baca Juga  FORMI Ajak Warga Biasakan Hidup Sehat

Kegiatan Bimtek Olahraga Tradisional Gelombang ke-1 ini merupakan program ke­giatan Seksi Olahraga Tradi­sional dan Layanan Khusus, Dispora Kabupaten Bogor yang digelar di Hotel Megamendung Permai, Kecamatan Mega­mendung, Kabupaten Bogor.

“Kegiatan ini merupakan bimtek lanjutan yang jadi program Seksi Ortrad dan Layanan Khusus, Dispora Kabupaten Bogor untuk ka­langan guru SD,” ujar Kasi Ortrad dan Layanan Khusus, Dedi Supriyadi.

Dedi mengatakan, dalam bimtek kali ini pihaknya men­gundang Sumardiyanto AIPO dari UPI, Usep Supratman Ketua Formi Kabupaten Bogor, serta perwakilan dari Formi dan Portina Kabupaten Bogor yang akan jadi narasumber kegiatan bimtek kali ini.

“Kami berharap dari bimtek ini semua peserta bisa men­indaklanjuti dengan praktik kepada para siswa-siswanya di sekolah,” harap Dedi Su­priyadi.

Baca Juga  Resmi Dilantik, FORMI Siap Kawal Olahraga Tradisional

Sementara itu, Kadispora Kabupaten Bogor Bamang Setyawan mengatakan, Dis­pora Kabupaten Bogor pada prinsipnya sangat mendukung semua kegiatan Bimtek Olah­raga Rekreasi dan Tradisional ataupun Bimtek Olahraga Prestasi.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Formi Kabupaten Bogor yang terus melakukan sinergitas secara baik selama ini dengan seksi atau bidang yang ada di Dispora Kabupaten Bogor,” tegas Bambang Setyawan.

Bambang menambahkan, Dispora Kabupaten Bogor juga berharap Seksi Ortrad dan Layanan Khusus bisa menggelar Festival Ortrad sebagai tindak lanjut dari program bimtek selama ini. (*/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *