Ini Kronologi Warga Bogor Positif Covid-19 Kabur dari Pusat Isolasi BPKP Ciawi

by -

METROPOLITAN.id – Plt Camat Bogor Barat, Irman Khaerudin menuturkan kronologi warga Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat berinisal B (60) yang terkonfirmasi Covid-19 bisa kabur dari pusat isolasi BPKP Ciawi, Kamis (10/6).

Menurutnya, awalnya B ini masuk ke tempat isolasi BPKP Ciawi sejak Minggu (6/6). Di mana, ia merupakan pasien positif berdasarkan hasil tracing Puskesmas pada Sabtu (5/6).

“(Hasil) Tracing, dapat informasi dari kelurahan, katanya kontak erat dengan orang yang positif, akhirnya diswab dan dinyatakan positif,” kata Irman Khaerudin.

Setelah itu, dilanjutkan Irman Khaerudin, B ini akhirnya menjalani isolasi mandiri (Isoman) di kediamannya. Namun, setelah melihat kondisi kediaman yang bersangkutan, ia menyarankan B untuk dilakukan isolasi ke BPKP Ciawi.

Baca Juga  Usai Heboh Tendangan Bima Arya, Giliran Kasi Parkir Dicopot

“Jadi sebenarnya saya yang menyarankan (untuk diisolasi ke BPKP Ciawi). Soalnya ribet tempatnya (rumahnya) kurang representatif, saya sarankan supaya dievakuasi ke BPKP,” ucapnya.

“Apalagi di keluarganya hanya dia (B) yang positif (Covid-19). Akhirnya, Minggu (6/6) dia dibawa ke BPKP,” sambung dia.

Namun, disambung Irman Khaerudin, kabar mengejutkan datang pada Kamis (10/6). Ia mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan meninggalkan pusat isolasi BPKP Ciawi dalam keadaan positif.

“Barusan saya diinfoin kalau B ini kabur. (Saya juga sempet tanya) kenapa bisa kabur? Gak ada yang jaga apa gimana?,” bebernya.

“Setelah bu lurah telusurin ternyata dia (B) ngomong ke penjaganya mau dijemput. Ngakunya sudah selesai diisolasi dan akhirnya kabur,” lanjut dia.

Baca Juga  Kena Covid-19, Pejabat Pemkot Bogor Mulai 'Bertumbangan'

Atas persoalan ini, Irman Khaerudin meminta kepada warganya untuk membantu mencari keberadaan B. Apabila, warga ada menemukan Keberadaan B bisa langsung melapor ke pihaknya atau Satgas Covid-19 setempat.

“Anak-anak sudah nyari, seluruh RW siaga nyari harus sampai ketemu,” ungkap Irman Khaerudin.

“(kalau riwayat pikun) bisa jadi, karena memang sudah tua juga. Tapi jago kabur,” tandasnya.

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang dari Kota Bogor. Salah satu warga Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat berinisal B (60) yang terkonfirmasi Covid-19 kabur dari pusat isolasi BPKP Ciawi, Kamis (10/6).

Hal itu pun dibenarkan Plt Camat Bogor Barat, Irman Khaerudin. Menurutnya, berdasarkan laporan dari Lurah Pasirjaya yang bersangkutan benar meninggalkan pusat isolasi BPKP Ciawi dengan keadaan Covid-19.

Baca Juga  Bogor Disebut Penyebab Banjir Jakarta, Bima Arya Surati Anies Baswedan

“Sementara kabur dari BPKP, laporannya hari ini. Pukulnya belum hafal,” kata Irman Khaerudin kepada wartawan, Kamis (10/6) malam.

“Laporan lurah mencari ke rumahnya segala macam belum kelihatan, ditelpon hpnya tidak aktif, ditanya ke anak-anaknya juga tidak ada,” sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengaku sudah mendapatkan laporan terkait warganya yang melarikan diri dari pusat Isolasi BPKP Ciawi. Saat ini, tim Satgas Covid-19 Kota Bogor tengah menelusuri keberadaan yang bersangkutan.

“Sedang saya telusuri,” singkat Bima Arya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *