IPDN Luncurkan Smart Campus Database

by -

METROPOLITAN – Meskipun masih pandemi Covid-19, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tetap konsisten memberikan inovasi ter­baiknya. Ini dilakukan agar dapat merealisasikan visi dan misinya untuk menjadi Smart Campus di Indonesia. Hal ini terbukti dengan diresmikan­nya Smart Campus Data Base (SCDB) oleh Rektor IPDN, Hadi Prabowo.

Menurutnya, SCDB meru­pakan situs yang berisikan informasi atau data terkait IPDN yang dapat diakses seluruh masyarakat luas dengan mengakses scdb.ipdn. ac.id. Seluruh aplikasi yang ada pada unit atau bagian di IPDN kini diintegrasikan men­jadi satu database dalam SCDB.

”Perubahan teknologi di era industri 4.0 ini memberikan konsekuensi untuk semakin cepat mengikuti perkembangan teknologi. Perubahan ini men­jadikan IPDN harus memi­liki satu database, di mana semua data atau informasi yang berkaitan dengan IPDN dapat diakses langsung mel­alui SCDB. Jadi, semua ke­giatan dan informasi, baik yang dilakukan di IPDN kam­pus pusat maupun kampus daerah semuanya terinte­grasi di SCDB,” ujarnya.

Baca Juga  Praja IPDN Mulai Turun Kelima Desa

Ia menambahkan, SCDB IPDN ini berisikan 12 modul dan 14 hyperlink, di dalamnya publik internal IPDN maupun masyarakat luas dapat melihat informasi atau data terkait tenaga pengajar, produk hu­kum, kepegawaian, praja, alumni, perjanjian kerja sama, berita-berita yang memuat IPDN, informasi mengenai kegiatan di IPDN kampus daerah, pascasarjana, sarana dan prasarana serta lain se­bagainya.

Ke depan, IPDN akan terus melakukan upgrade terhadap SCDB agar IPDN dapat mak­simal melakukan pelayanan kepada masyarakat luas. “Kita akan berusaha meng­integrasikan SCDB dengan Kemendagri, Kemendikbud dan pihak-pihak lainnya yang terkait dengan IPDN,” ungkap mantan sekjen Kemendagri ini dalam siaran persnya.

Smart Campus merupakan sistem pengelolaan manaje­men sekolah yang meliputi akademik, administrasi dan informasi dalam satu platform aplikasi yang selalu terko­neksi. Konsep Smart Campus ini mulai diterapkan IPDN dengan memadukan sistem pembelajaran dengan tekno­logi informasi. Selain SCDB, implementasi Smart Campus IPDN ini sejalan dengan salah satu prodi di IPDN yakni tek­nologi rekayasa informasi. (re/ feb/py)

Baca Juga  103 Praja Terjun Langsung ke Masyarakat Rumpin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *