Kota Bogor Bakal Buka PPDB SMPN, 5.600 Kursi Siap Direbutkan

by -
Kepala Disdik Kota Bogor Hanafi. (Dok. Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor bakal membuka tahapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 untuk tingkat SMP pada Rabu (23/6). Pelaksanaan PPDB sendiri akan dilakukan 20 SMP Negeri dengan cara online.

Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi menuturkan, untuk pelaksanaan PPDB tingkat SMP ini terbagi dua tahap. Di mana, tahap pertama dikhususkan bagi pendaftar melalui jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Lalu, perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru dan tenaga kependidikan. Kemudian, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19. Serta, prestasi akademik dan non akademik.

“Untuk tahap pertama ini pendaftaran dibuka dari Rabu sampai Sabtu (23-26/6). Dan pengumuman akan disampaikan Rabu (30/6),” kata Hanafi.

Baca Juga  Sempat Ditutup, Sekolah di Bogor Kembali Gelar PTM

Sedangkan, untuk tahap kedua khusus bagi pendaftar melalui jalur zonasi, akan dibuka mulai Selasa hingga Jumat (6-9/7).

“Untuk pengumumannya sendiri dilakukan Senin (12/7),” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Hanafi menjelaskan, total ada sebanyak 5.600 kursi yang disiapkan bagi calon siswa tingkat SMP di Kota Bogor. Di mana, jumlah ini terbagi untuk 20 SMP Negeri yang ada di Kota Bogor.

Adapun rincian ke-5.600 kursi itu terdiri bagi pendaftar melalui jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus (ABK) sebanyak 1.109 siswa. Lalu, perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru dan tenaga kependidikan sebanyak 271 siswa.

Kemudian, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 sebanyak 173 siswa. Selanjutnya, prestasi akademik dan non akademik sebanyak 1.093 siswa. Serta, jalur zonasi sebanyak 2.954 siswa.

Baca Juga  Tahun Ajaran Baru, Kegiatan Belajar di Bogor Coba Pakai Aplikasi Online

“Kami berharap orang tua murid sudah menyiapkan beberapa persyaratan PPDB yang sudah ditentukan,” ingatnya.

“Seperti KK satu tahun sebelumnya, KTP orangtua, surat tanggungjawab mutlak orang tua dan kepala sekolah serta beberapa persyaratan khusus lainnya (sesuai jalur yang dituju),” tandasnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.