Madrasah di Zona Merah Dilarang Gelar PTM

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah membuka opsi pelaks­anaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas pada tahun ajaran 2021/2022. Namun PTM ini tidak diizin­kan dilaksanakan oleh mad­rasah yang berada di zona merah.

“Kankemenag Kabupaten/ Kota tidak boleh memberikan izin pelaksanaan PTM secara terbatas di zona merah,” tegas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Ishom Yusqi, di Jakarta, Selasa (22/6).

Ishom mengatakan, pihaknya juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Penyel­enggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2021/2022 di Madrasah pada Masa Pan­demi Covid-19 tertanggal 21 Juni 2021.

Menurutnya, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas itu ha­rus tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan. Selain itu, PTM secara terba­tas juga harus memperhatikan penetapan zona oleh Satgas Percepatan Penanganan Co­vid-19 Kabupaten/Kota.

Baca Juga  Tertahan di PPKM Level 3, Kota Bogor Perpanjang PTM

“Madrasah di selain zona merah berdasarkan data Sat­gas dapat melakukan PTM secara terbatas di satuan pen­didikan, setelah mendapat izin dari Pemda, Kanwil Ke­menag Provinsi dan Kanke­menag Kab/Kota sesuai ke­wenangannya berdasarkan persetujuan Satgas Percepa­tan Penanganan Covid-19 setempat,” jelasnya.

“Madrasah yang membuka PTM secara terbatas diharuskan mematuhi SKB 4 Menteri ten­tang Panduan Penyelenggar­aan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dan mengik­uti Panduan PTM yang sudah diterbitkan,” sambungnya.

Kemendikbudristek bersama pihaknya pun telah menyusun buku panduan sekolah tatap muka di masa pandemi. Pan­duan ini disusun berdasarkan ketentuan yang tertuang da­lam SKB 4 Menteri, seperti PTM saat pandemi, tugas satuan pendidikan, konsep dan strategi praktik pembe­lajaran pada masa pandemi, cara pengelolaan kelas dan perumusan jadwal sekolah hingga model penyusunan RPP kelas/pelajaran.

Baca Juga  Langkah Gontai Tersangka Kasus Korupsi Dana Madrasah Rp1,1 M, Ketua KKMI Kota Bogor : Ini Bagian Dari Takdir Saya

Ishom menambahkan, ak­tivitas PTM secara terbatas ini rencananya dilakukan setelah pemerintah menyele­saikan vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga pendi­dikan. “Targetnya, vaksinasi pendidik dan tenaga kepen­didikan selesai sebelum tahun ajaran baru dimulai. Semoga pandemi segera teratasi, se­hingga pembelajaran kem­bali normal. Aamiin,” tandas­nya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.