Mahasiswa Hukum Wajib Ikut Sidang Sungguhan

by -

Bupati Bogor, Ade Yasin, menghadiri mata kuliah litigasi di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Kota Bogor, Kamis (10/6). Di sana bupati duduk sebagai dosen pengawas praktik persidangan yang dilakukan mahasiswa Hukum UIKA dengan kasus bertema korupsi.

PRAKTIK persidangan ber­jalan dengan baik, meski ma­sih banyak yang harus diper­baiki. Ade Yasin pun membe­rikan beberapa nasihat untuk para mahasiswa usai praktik persidangan. “Dulu saya se­belumnya menjadi anggota dewan dan pengacara. Jadi, saya tahu betul bagaimana proses jalannya sidang,” tutur Ade Yasin di gedung Fakultas Hukum UIKA, Kamis (10/9).

Tak hanya itu, bupati juga ikut mengamati proses jalan­nya sidang. “Saya sarankan untuk mengikuti proses jalan­nya sidang sungguhan dari awal hingga akhir supaya mereka paham alurnya se­perti apa,” ujarnya.

Praktik ini diikuti seba­nyak 25 mahasiswa dari Fa­kultas Hukum UIKA. Namun karena pandemi Covid-19, mahasiswa dibagi dua gelom­bang. ”Ada 12 mahasiswa yang ikut dalam praktik ini. Sisanya dibagi menjadi kelompok lain,” ujar Wakil Dekan Fakultas Hukum UIKA, Sri Hartini.

Sri pun menyinggung di balik kesibukan Ade Yasin sebagai seorang bupati. Tak terasa sudah menginjak satu tahun orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman itu menjadi dosen tetap UIKA. “Ibu Ade Yasin itu selalu antusias dalam mem­berikan materi pembelajaran, meski di sela-sela kesibukan­nya memimpin Kabupaten Bogor,” imbuh Sri.(cr1/c/ yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *