Majukan Koperasi, Dekopinda Bangun Aliansi

by -

METROPOLITAN – Upaya membangun sinergi dan ko­laborasi untuk memajukan gerakan koperasi di Kabupaten Bogor terwujud. Sinergi dan kolaborasi ini adalah sejarah baru bertemunya pemikiran-pemikiran progresif tentang perkoperasian di Kabupaten Bogor.

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupa­ten Bogor dan Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi adalah dua lembaga yang menga­wali upaya-upaya membangun sinergi dan kolaborasi melalui pertemuan audiensi yang ber­langsung pada Kamis (3/6).

Bertempat di salah satu ru­angan Rapat Balai Penelitian Ternak Ciawi, suasana yang teduh dan nyaman membuat diskusi berjalan hangat. Aca­ra diawali penyampaian maksud dan tujuan kunjung­an yang disampaikan Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor, Pepi Januar Pelita.

Dalam sambutannya, pria yang saat ini menjabat ketua pengurus Koperasi Syariah itu menyampaikan sekilas Dekopinda dan kondisi ob­jektif gerakan koperasi di Kabupaten Bogor, serta peng­ajuan permohonan membangun sinergi dengan payung hukum MoU antara kedua belah pihak.

Baca Juga  Dekopinda Educooptrip, Belajar Perkoperasian dengan Cara Berbeda

Merespons penyampaian dari Dekopinda, Kepala Balit­nak Andi menyampaikan uca­pan terima kasih atas kepedu­lian Dekopinda terhadap koperasi di Balitnak melalui kehadiran saat pelaksanaan RAT beberapa waktu lalu.

Pria asal Sulawesi itu sangat memahami realitas koperasi yang dibandingkan konsep ideal serta realitas koperasi masa lalu. Di mana terjadi pergeseran di masyarakat da­lam memahami realitas em­pirik gerakan koperasi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah tentang prinsip gotong royong yang menjadi prinsip dasar koperasi yang saat ini mengalami pergeseran.

Di sela-sela sesi diskusi, ke­pala balai menantang kiprah Dekopinda untuk membantu penguatan koperasi di Balitnak dengan fasilitasi akses keper­bankan untuk melakukan diversifikasi usaha koperasi berupa toko retail di sekitar kantor Balitnak, serta pengu­atan sumber daya koperasi di Balitnak.

Baca Juga  Dekopinda Educooptrip, Belajar Perkoperasian dengan Cara Berbeda

Dalam kesempatan tersebut, Pengurus Koperasi Balitnak Budiharsana menyampaikan sekilas perkembangankope­rasi Balitnak yang saat ini me­miliki anggota sebanyak 325, dengan aset terakhir di angka Rp3,6 miliar.

Pria yang juga pengurus Dekopinda itu mengungkap­kan komitmen serta meny­ambut baik ajakan kerja sama dari Dekopinda, Ia pun ber­harap kerja sama tersebut akan menjadikan koperasi Balitnak semakin baik dalam tata kelola kelembagaannya. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.