Maksimalkan Antrean Online ala Mobile JKN, Datang ke Faskes Nggak Perlu Antre Lagi

by -
Kepala BPJS Cabang Bogor Fahrurozi menunjukan aplikasi mobile JKN, yang salah satunya punya fitur antrean online.(Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Mengikuti kemajuan teknologi masa industri 4.0 menuntut inovasi dalam hal kemudahan dan simplifikasi pelayanan. Begitu pun dengan BPJS Kesehatan yang terus meningkatkan mutu layanan dalam hal operasional maupun memenuhi kebutuhan stakeholder.

Sejalan dengan kemajuan teknologi yang serba digital BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi Mobile JKN pada smartphone.

Aplikasi Mobile JKN dilengkapi dengan fitur/menu dari tiap fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satu menu di aplikasi Mobile JKN yakni Pendaftaran Pelayanan yang merupakan antrean online, merupakan solusi atas kasus antrean yang membeludak di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti di puskesmas atau klinik.

Baca Juga  Kota Bogor Mulai Vaksinasi Covid-19

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Fahrurozi memberikan paparan terkait antrean online FKTP dalam upaya peningkatan kepuasan peserta.

“Penggunaan aplikasi Mobile JKN membuat pasien tidak perlu antre terlalu lama karena cukup mendaftar lewat aplikasi kemudian sudah muncul nomor antrean. Peserta bisa memperkirakan jam berapa harus datang ke fasilitas kesehatan,” katanya kepada Metropolitan.id, Selasa (15/6).

“Dengan adanya kemudahan pendaftaran antrean di fasilitas kesehatan melalui Mobile JKN ini, tentu kepuasan peserta dapat meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, aplikasi Mobile JKN sebagai solusi yang memberikan kemudahan pelayanan kepada peserta Program JKN-KIS yang menggunakannya. Kedepan, baik itu pasien maupun FKTP, sudah memanfaatkan secara maksimal layanan antrean online.

Baca Juga  Wah, Le Cordon Blue Memulai Program Diploma Hidangan Jepang

Manfaat positif yang dirasakan pasien juga dapat berdampak pada meningkatnya kepuasan peserta terhadap layanan di FKTP.

“Sebagian besar FKTP sudah memanfaatkan antrean online karena manfaat layanan ini. Bukan hanya didapatkan pasien, tapi FKTP juga berdampak positif seperti upaya pencegahan transmisi Covid-19, mengurangi antrean pendaftaran peserta di FKTP, sistem antrean online otomatis terkoneksi dengan Aplikasi P-Care dan FKTP terinformasi lebih awal terkait kondisi peserta. Sebab peserta dapat menuliskan keluhannya di Mobile JKN,” jelasnya.

Ia menambahkan, sudah seharusnya masyarakat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan kemudahan pelayanan.

BPJS Kesehatan terus berfokus pada pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu layanan yang akan berdampak pada tingkat kepuasan peserta.

Baca Juga  Bima: Cgm 2017 Simbol Keberagaman

“Hal tersebut juga didukung peran awak media dalam fungsi menyalurkan informasi kepada masyarakat akan salah satu kemudahan layanan seperti antrean online pada aplikasi Mobile JKN,” tuntas Fahrurozi. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.