Pedagang Pasar Bersih Sentul City Disuntik Vaksin, Ingin Jadi Percontohan se-Kabupaten Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Puskesmas Babakanmadang bersama Pasar Bersih Sentul City mengadakan program vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang pasar, di Apartemen Sentul Tower, Kamis (10/6).

Dengan total 300 penerima vaksin, terdiri dari pedagang ruko, kios dan lapak di pasar modern di kawasan Sentul City tersebut. Selain itu, vaksinasi juga diberikan kepada petugas kebersihan dan keamanan pasar yang juga berinteraksi di lingkungan pasar setiap hari.

Kegiatan pemberian vaksin sinovac yang dikhususkan bagi pelayanan publik ini bertempat di Sentul Tower Apartement dengan menyasar 300 penerima vaksin.

Pasar Sentul City menjadi pasar pertama di wilayah Babakan Madang yang telah melaksanakan kegiatan Vaksinasi COVID-19. Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Babakanmadang, dr. Desy Podangsari Neidy.

“Vaksinasi ini pertama dilakukan di Pasar Bersih Sentul City. Kami ingin pasar Sentul City Babakan Madang ini menjadi percontohan di Kabupaten Bogor bahwa di Pasar Sentul City ini sudah semua pedagang di vaksinisasi,” katanya, Jumat (11/6).

Baca Juga  Hampir Seluruh Desa di Sukamakmur Bogor Mulai Alami Kekeringan

Sebelum dilakukan vaksinasi, sambung dia, secara bergantian peserta vaksinasi harus melewati beberapa tahapan.

Pertama meja 1 yakni registrasi, kemudian ke meja 2 yakni skrining kesehatan, baru ke meja 3 yakni vaksinasi. Setelah mendapatkan vaksinasi peserta lanjut ke meja 4 yakni pencatatan dan terakhir tempat observasi atau pemantauan.

Selama pelaksanaan kegiatan, petugas terus mengingatkan peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 3 M yaitu Memakai Masker dengan Benar, Mencuci Tangan dengan Hand Sanitizer serta Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan.

Sementara itu, Direktur Pasar Bersih Sentul City Prastiti Handayani mendukung program pemerintah lantaran menyadari bahwa pasar adalah tempat terjadinya pertemuan banyak pihak dan berisiko tinggi karena tidak tahu asalnya dari mana saja.

Baca Juga  Coba-coba Pakai Narkoba, Oknum Anggota Satpol PP Kecamatan Pamijahan Diciduk Polisi

“Mungkin pengunjung pasar adalah mayoritas warga Sentul tapi warga luar pun banyak, untuk itu kami fokus untuk berkontribusi dalam program menuntaskan pandemi,” tukasnya.

“Alhamdulillah Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Babakan Madang pun mensupport langsung pada saat kami mengajukan permohonan vaksinasi dan kami menjadi prioritas. Bahkan saat ini kami menjadi percontohan untuk Babakan Madang,” ujarnya.

Ia pun berharap dengan vaksinasi ini, setidaknya sudah 50 persen lebih pedagang yang telah divaksin. Maka warga atau pengunjung akan lebih nyaman datang ke pasar Sentul City.

Menurutnya, yntuk mengetahui pedagang mana yang sudah divaksin atau belum, dapat mengetahuinya dengan cara melihat pada dinding ruko, kios atau lapak apakah sudah ditempel stiker atau belum.

Baca Juga  Objek Wisata di Bogor Nggak Berkembang, DPRD: Badan Promosi Pariwisata dan BUMD Wisata Kelamaan Tidur

Stiker digunakan sebagai penanda bahwa pedagang tersebut sudah melakukan di aksin atau belum dan juga sebagai media edukasi kepada pedagang lain yang belum berpartisipasi dalam program ini.

Vaksinasi kedua sendiri dijadwalkan pada 8 Juli mendatang. Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Pasar Sentul City ini juga ditinjau langsung serta mendapat dukungan Camat Babakan Madang, Cecep Imam.

“Saya memberikan support baik kepada yang akan divaksin ataupun yang memberikan vaksin. Pesan khusus para pedagang yang ada di Pasar Bersih Sentul saya harap semua divaksin,” tutupnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *