Pemcam Cijeruk Gelar Monitoring Penyerapan Anggaran di Desa

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kecamatan (Pemcam) Cijeruk, Kabupaten Bogor, melaksanakan Monitoring dan Evaluasi realisasi penggu­naan Dana Desa (DD) dan BPHRD Tahun Anggaran 2021 tingkat Kecamatan Cijeruk.

Sekcam Cijeruk, Farulloh, mengatakan, pemcam menga­dakan pembinaan pemerinta­han desa kaitan dengan Dana Desa, BHPRD dan Anggaran Dana Desa. Hal ini sebagai proses untuk mengetahui sam­pai di mana dana tersebut bisa terserap dan termanfaatkan oleh masyarakat desa.

”Hari ini (kemarin, red) desa ketiga yang telah kami bina dan monitoring serta evaluasi penggunaan angga­ran, baik DD, BHPRD maupun ADD. Pembinaan ini dilaks­anakan di seluruh desa se- Kecamatan Cijeruk dengan cara bergiliran. Yang telah dilaksanakan baru Desa Su­kaharja, Cijeruk dan Cibalung. Insya Allah pada pekan ke­tiga Juli telah selesai seluruh­nya,” bebernya.

Baca Juga  Pra-Musrenbang, Pemcam Butuh Duit Rp17 Miliar

Untuk seluruh desa, sambung Farulloh, penggunaan angga­ran pemerintah yang telah terealisasi itu, dari ADD ham­pir 100 persen, BHPRD sekitar 80-90 persen dan DD baru terserap 50 hingga 70 persen. Sedangkan untuk penyaluran BLT DD tahap ketiga telah ter­salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ke depan, pemdes bakal menyalurkan BLT DD tahap keempat.

”Saya berharap minggu de­pan penyaluran BLT DD tahap keempat bisa dilaksanakan. Untuk pembinaan ini, Insya Allah lima desa lagi akan se­lesai beberapa hari ke depan. Semoga pemerintah desa saat laporan berjalan lancar dan tidak ada temuan apa pun. Sebab, riskan sekali ketika diperiksa ada temuan inspek­torat. Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik,” papar­nya.

Baca Juga  Pemdes Cijeruk Libatkan Warga Sekitar Bangun Jalan Desa

Sementara itu, Kades Ciba­lung, Rusyadi, berterima kasih kepada aparatur Kecamatan Cijeruk yang telah melaksana­kan pembinaan dan monito­ring di Pemdes Cibalung. Sebab, ini banyak manfaatnya bagi perkembangan pembangu­nan di Desa Cibalung.

”Adanya monitoring dan evaluasi penggunaan angga­ran yang telah diterima Pem­des Cibalung sangat berman­faat bagi kemajuan pembangu­nan Desa Cibalung. Mudah-mudahan pembinaan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintahan kami,” tandasnya. (nto/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.