Peringati HJB ke-539, Perum PPD Gratiskan Bus JR Connexion Bagi Warga Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Kabar bahagia datang bagi pelanggan bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) asal Kota Bogor. Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) memberikan layanan gratis bus JR Connexion selama satu bulan full.

Layanan gratis ini sendiri diberikan terhitung mulai Rabu hingga Jumat (16/5-16/6) nanti. Adapun, pelayanan secara cuma-cuma ini diberikan untuk ikut memeriahkan perayaan Hari Jadi Bogor ke-539 yang jatuh pada 3 Juni kemarin.

Sementara, penggratisan biaya perjalanan ini dikhususkan bagi TNI, Polri, pelajar, mahasiswa hingga masyarakat lanjut usia (lansia). Hal itu seperti diakui Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa.

Menurutnya, sebagai operator bus yang beroperasi di wilayah Jabodetabek, Perum PPD mengapresiasi animo masyarakat yang tinggi serta dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terhadap kehadiran JR Connexion Perum PPD di Kota Bogor.

Oleh karena itu, Perum PPD memberikan layanan gratis bagi pelanggan JR Connexion Perum PPD dengan asal rute Kota Bogor yakni Grand Central Bogor dan Taman Sari Persada.

Baca Juga  Ini Kronologi Munculnya Klaster Covid-19 di Dua Puskesmas Bogor

“Pemberian potongan tarif ini bertujuan sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para pengabdi negara dan garda terdepan yang tidak kenal lelah bekerja ditengah pandemi,” kata Pande Putu Yasa saat launching diskon pelanggan JR Connexion dari Perum PPD di Bogor Creative Center, Selasa (15/6).

“Serta menyambut pelajar atau mahasiswa yang akan kembali melakukan kegiatan pembelajaran offline atau tatap muka,” sambungnya.

Disisi lain, Pande menuturkan, ke depan pihaknya berkomitmen untuk bisa berkontribusi lebih kepada Kota Bogor. Terlebih, Kota Bogor juga akan melaksanakan program layanan bus dengan skema By The Service (BTS).

Program ini dilangsungkan di enam kota secara serentak, termasuk di Kota Bogor. Saat launching nanti, kata Pande, Perum PPD menyatakan siap untuk mendukung program tersebut.

“Intinya memang tidak mendukung dari finansial, tapi dalam bentuk dukungan layanan, kami siap. Mobil kami beroperasi di Bogor. Apabila Pemkot Bogor memerlukan kendaraan kami untuk hal yang bersifat operasional atau hal yang mendesak, kami izinkan bergerak segera,” terangnya.

Baca Juga  Mantap! APWMI Tawarkan Sekolah Gratis di Bogor

Pande mengaku, kehadiran Perum PPD di Kota Bogor sebagai sarana transportasi alternatif dan upaya antisipatif apabila commuter line dari Stasiun Bogor sudah tak bisa lagi menampung penumpang.

Saat ini, kata dia, ada total 21 armada bus yang beroperasi. Tiga diantaranya masih dilakukan penggratisan, sementara sisanya berbayar. Namun dalam sebulan ini, seluruh armada digratiskan bagi kategori masyarakat tadi.

“Kami Perum PPD selaku operator yang telah dipercaya oleh Pemkot Bogor tentunya siap mendukung kebijakan – kebijakan yang ada di Kota Bogor. Insya Allah masyarakat Kota Bogor ini sangat membutuhkan sekali angkutan yang nyaman. Dan rekan dari PPD agar prokesnya juga diterapkan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengucap syukur atas program bus gratis yang diberikan oleh Perum PPD. Ia juga mengaku, hubungan Pemkot Bogor dan Perum PPD sudah terjalin dengan baik hingga saat ini.

Baca Juga  PT INKA Bangun Sarpras Trem di Bogor

Terutama bantuan yang selama ini diberikan oleh PPD kepada masyarakat Kota Bogor untuk bisa mengakses transportasi yang memadai dari Bogor ke Jakarta. Bukan hanya dilayani oleh kendaraan yang usang.

“Jadi, kami ucapkan terima kasih kepada PPD dan Insya Allah kita dukung terus PPD. Jabodetabek ini menjadi satu area bersama. Bukan hanya bersama dalam kaitan ekonomi, tapi kondisi pandemi juga sama,” kata Dedie.

Sambungnya, kondisi Stasiun Bogor dalam kondisi pandemi yang belum selesai ini juga nampaknya akan terjadi pembatasan – pembatasan jumlah penumpang kembali. Sehingga, memang diperlukan transportasi alternatif, salah satunya adalah bus.

“Untuk itu dengan adanya apresiasi PPD semacam ini kepada penumpang, ini menjadi suatu kebahagiaan bagi kami dibantu PPD,” ujar Dedie.

Dalam launching, juga diberikan secara simbolis kartu elektronik sebagai tanda untuk mereka yang mendapatkan gratis biaya jalan saat menggunakan JR Connexion. (itn/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *