Pilkades 77 Desa Ditunda Efek Covid-19

by -

METROPOLITAN – Seba­nyak 77 desa di Kabupaten Tangerang yang akan meny­elenggarakan Pemilihan Ke­pala Desa (Pilkades) pada 4 Juli 2021 ditunda. Penundaan ini secara resmi diumumkan Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Tangerang, karena me­ningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Tang­erang.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan, terkait pilkades di 77 desa sudah diputuskan akan dit­unda sampai 18 Juli 2021. Ia tidak mau bila pelaksanaan pilkades tetap dipaksakan akan berpotensi menimbulkan kerumunan yang bisa mening­katkan jumlah kasus baru. ”Pemkab Tangerang langsung mengambil langkah untuk menunda,” katanya.

Meski pelaksanaan pilkades ditunda hingga dua pekan ke depan, seluruh tahapan pil­kades akan tetap berlangsung dengan teknis penyelengga­raan tahapannya tidak meli­batkan banyak orang.

”Persiapannya tetap berjalan seperti biasa dan teknis pelaks­anaan juga diharapkan tidak melibatkan banyak orang agar tidak terjadi kerumunan. Da­lam dua pekan ini kita lakukan upaya-upaya untuk menekan kasus penularan Covid-19,” lanjutnya.

Baca Juga  Aparatur Wilayah Didesak Serahkan Data Warga

Dalam kesempatan ini, Zaki juga berharap masukan-masukan dari seluruh stake­holder di Kabupaten Tangerang sama-sama menjaga iklim demokrasi selama penun­daan Pilkades.

”Yang jelas, kita minta ma­syarakat tetap melakukan protokol kesehatan 5M (men­jaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghin­dari kerumunan dan men­gurangi mobilitas). Itu harus kita lakukan. Kita berharap masyarakat menjaga iklim demokrasi jelang Pilkades yang saat ini sudah berjalan lancar. Mari sama-sama ber­doa agar pilkades tidak dit­unda lagi,” bebernya.(bs/yok/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *