Prokes Jangan Kendor! Sepekan Saja Sudah 9 Pasien Covid Kota Bogor Meninggal Dunia

by -
ILUSTRASI : Petugas pemakaman saat memakamkan jenazah pasien Covid 19 di TPU. (Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kasus Covid-19 di Kota Bogor masih menunjukan tren kenaikan. Hingga Jumat (25/6), kasus positif aktif Covid-19 Kota Bogor tembus 2.547 orang dengan penambahan kasus harian mencapai 300 orang.

Selain itu, tren pasien Covid-19 Kota Bogor yang meninggal dunia juga cenderung naik. Sepekan terakhir saja (19-25 Juni 2021), sudah ada 9 orang pasien Covid-19 yang terkonfirmasi meninggal dunia.

“Pasien Covid-19 meninggal dunia sepekan terakhir itu Senin (21/6) lalu ada 4 orang, lalu Selasa (22/6) ada dua orang. Terakhir Jumat (25/6) kemarin ada tiga orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr Sri Nowo Retno.

Wali Kota Bogor Bima Arya pun meminta jajarannya untuk mengantisipasi hal itu, termasuk soal ketersediaan peti mati sebanyak mungkin. Apalagi dengan tren kasus per hari mencapai 200-300 kasus, tentu tingkat kematiannya bisa jadi ikut naik.

Baca Juga  PSBMK Kota Bogor Diperpanjang, Nongkrong di Kafe dan Resto Boleh Sampai Jam 9 Malam

“Kita antisipasi karena kalau per hari aja tambahannya 300, berapa mortality rate-nya? Per hari berapa kebutuhannya? Itu yg tercatat kan nggak semua bisa tercatat. Yang pasti kemarin saya dapet laporan dari TPU Situ Gede juga. Jadi kalau bicara kebutuhan, sebanyak banyaknya lah lebih baik stok kita,” tegasnya.

Namun, kata dia, untuk mengantisipasi hal itu juga, pihaknya lebih fokus pada penambahan pusat isolasi pasien Covid-19. Mulai dari penambahan tempat tidur di Rumah Sakit (RS), kerjasama kembali pusat isolasi BNN Lido hingga rencana reaktifasi RS Lapangan.

Alih-alih menambah kebutuhan lubang makam pada Tempat Pemakaman Umum (TPU) Covid di Kota Bogor, ia mengaku lebih fokus pada ketersediaan tempat tidur pasien Covid terlebih dahulu.

Baca Juga  16 Tahun Mengabdi, Aiptu Aris Berangkat Umrah Gratis

“Belum ada (rencana penambahan makam), sekarang kita masih perkirakan cukup, kita lebih fokus ke pusat isolasi tempat tidur pasien Covid-19,” tukas Bima Arya.

Secara umum, kasus Covid-19 Kota Bogor hingga Jumat (25/6) total sudah tembus 19.069 dengan 2.547 orang masih berstatus positif aktif. Dari jumlah itu, total pasien Covid-19 yang meninggal dunia mencapai angka 278 orang dan yang sembuh berjumlah 16.244 kasus. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *