PTM Digelar, Keselamatan dan Kesehatan Siswa Jadi Prioritas

by -

METROPOLITAN – Kegia­tan Pembelajaran Tatap Mu­ka (PTM) di sekolah renca­nanya dibuka kembali pada Juli 2021 atau pada tahun ajaran baru. Pemerintah melalui Kementerian Pendi­dikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Kementerian Agama telah meluncurkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka di masa pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanga­nan Covid-19, Prof Wiku Adi­sasmito, menyampaikan, panduan ini diperuntukkan bagi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah (PAUDdikdasmen). Panduan ini merupakan alat bantu bagi guru dan tenaga kepen­didikan dalam memudahkan persiapan pelaksanaan PTM terbatas.

“Perlu diingat bahwa seluruh pihak yang berpartisipasi ha­rus bertanggung jawab dari awal sampai akhir alur kegia­tan belajar mengajar, termasuk siap mengerem jika ditemukan kasus baru di lingkungan pen­didikan,” kata Wiku dalam keterangannya, Senin (7/6).

Baca Juga  Sebulan PTM, Dewan Tunggu Evaluasi Disdik Kota Bogor

Sebelum penyelenggaraan­nya, pemerintah daerah harus memastikan bahwa kesehatan, keselamatan dan keamanan siswa menjadi prioritas utama. Dalam penyelenggaraannya kelak, sekolah tatap muka dan sekolah daring bisa dikombi­nasikan agar kesehatan dan keselamatan warga pendidi­kan dapat menjadi prioritas.

Selain itu, ia juga memasti­kan pemerintah terus mela­kukan upaya masif dalam melakukan vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik, baik melalui vaksinasi sesuai tahapan prioritas maupun vaksinasi massal melalui vaksi­nasi sesuai tahapan prioritas maupun vaksinasi massal dengan distribusi vaksin siap pakai ke berbagai daerah di Indonesia.

“Perlu diingat bahwa pem­bukaan sektor pendidikan akan dilakukan secara berta­hap, sesuai kesiapan masing-masing daerah,” pungkas Wiku. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *