Tahun Ini Pemerintah Bakal Buka Pendaftaran CPNS, 360 PNS Kota Bogor Pensiun

by -

Di tengah pandemi, pemerintah berencana membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPP) pertengahan tahun ini. Sempat dikabarkan akan dibuka akhir Mei, rupanya rencana tersebut molor hingga akhir Juni 2021. Termasuk untuk Kota Bogor.

KEPALA Bidang Formasi Data dan Penatausahaan pada Badan Kepegawaian Peng­embangan Sumber Daya Ma­nusia (BKPSDM) Kota Bogor, Aries Hendardi, membenarkan ada pengunduran jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 untuk Kota Bogor. Hal itu sejalan dengan belum turunnya kepastian dari pemerintah pusat soal berapa kuota CPNS dan PPPK 2021 untuk Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor. “Be­tul ada pengunduran jadwal dari pemerintah pusat. Jadi, kuota belum turun karena ada pengunduran jadwal dari pu­sat,” katanya kepada Metropo­litan, Senin (21/6).

Baca Juga  Keliling Puskesmas Sukseskan Program Kesehatan Dinkes

Informasi yang dihimpun, pemerintah pusat akan mem­beri kepastian terkait pene­rimaan CPNS dan PPPK 2021 akhir Juni ini. “Insya Allah akhir Juni sudah ada jadwal dari (pemerintah, red) pusat,” imbuhnya.

Di sisi lain, sambung Aries, 360 PNS Pemkot Bogor akan memasuki masa purnabakti atau pensiun dari berbagai golongan. “Total tahun ini ada 360 PNS Kota Bogor yang pensiun,” ujarnya.

Aries menjelaskan, usulan formasi yang diajukan Pemkot Bogor tak kurang dari 600 formasi. Terdiri dari 260 usu­lan formasi untuk CPNS dan 340 usulan formasi untuk PPPK. Kemungkinan besar kepastian jumlah akan dipu­tuskan pada akhir Juni 2021 sebelum pengumuman. Dari jumlah usulan formasi itu, calon PPPK dikhususkan untuk guru. “Intinya, pemerin­tah daerah menunggu kepas­tian jumlah dulu dan turunan juklak-juknis. PPPK khusus untuk guru, untuk CPNS-ya campur,” terangnya.

Baca Juga  SKD CPNS Honorer K2 Turun Jadi 220

Sekadar diketahui, jadwal pendaftaran CPNS 2021 di­undur dari rencana semula 31 Mei. Keputusan yang sama berlaku untuk pendaf­taran PPPK. Dari keterang­an Kepala Badan Kepega­waian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, ada dua alasan mengapa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 dit­unda.

Pertama, aturan belum siap dan masih ada beberapa pe­raturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru dan PPPK guru 2021 yang belum dite­tapkan pemerintah. “Sekarang masih tahap usulan revisi penetapan kebutuhan for­masi oleh beberapa instansi, makanya jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut,” katanya.

Kedua masalah anggaran, dari penjelasan Bima Arya tersirat masih ada masalah kesiapan anggaran. Ia me­minta Pejabat Pembina Kepe­gawaian (PPK) menyiapkan rencana kegiatan dan ang­garan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS serta seleksi kompe­tensi PPPK nonguru 2021 sesuai penetapan kebutuhan formasi yang tersedia. (ryn/ yok/py)

Baca Juga  Pentolan Honorer K2 Ikut Tes PPPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *