Tergiur Untung Puluhan Juta, Tiga Pemuda Nekat Ngeracik Tembakau Sintetis di Rumah Jualan di Medsos

by -

METROPOLITAN.id – Tergiur keuntungan yang besar IA (25) bersama dua orang temannya MO (22) dan RJ (24) nekat menjual tembakau sintetis di Kabupaten Bogor. Tersangka meracik tembakau sintetis di rumahnya di Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah. Sedangkan dua temannya yang lain berperan dengan memasok biang sintetis dan mengedarkan.

Kasat Narkoba Polres Bogor Eka Candra mengatakan, dari modal yang sedikit para tersangka ini bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp20 juta. Apalagi ketiga tersangka tidak memiliki pekerjaan yang jelas.

“Mereka berbagi-baagi peran, ada yang membeli biang sintetis, meracik dan yang menjualnya di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Eka, Selasa (15/6).

Selain sabu, peredaran tembakau sintetis ini cukup banyak di Kabupaten Bogor. Para tersangkat ini mendapatkan membeli bahan kimia melalui media sosial instagram di luar Bogor. Bahkan ada juga bahan sintetisnya memesan dari luar negeri.

Baca Juga  Kepepet Butuh Modal buat Kawin, Pasangan Muda Rencanakan Pembunuhan Berencana

“Mereka menjualnya kepada anak-anak muda dengan kisaran harga Rp200 ribu hingga Rp1 juta perpaketnya,” paparnya.

Sementara itu, tersangka IA mengaku baru dua bulan menjalankan binis haramnya, untuk meracik tambakau sintetis tersebut tersangka mengaku diberitahu oleh penjual biang sintetis ketika saat membeli.

“Untuk bahannya dicampur-campur seperti alkohol dan bahan kimianya. Dari 20 gram bahan kimia bisa jadi 1 kilogram tembakau sintetisnya,” ungkapnya.

Dari satu kilogram tembakau sintetia mengaku mendapat keuntungan hingga Rp20 juta. Selain itu untuk mempertangungjawabkan perbuatannya IA bersama kedua temannya dijerat pasal 114 dan pasal 112 dengan ancaman hukuman seumur hidup atau lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar hingga Rp10 miliar.

Baca Juga  Komplotan ‘Aji Mumpung’ Timbun Puluhan Ribu Masker

Sebelumnya, Satuan Reserse Narkoba Polres Bogor berhasil menangkap 14 orang pengedar narkoba yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bogor. Dari 14 orang tersangka, Sat Narkoba menyita 42,2 gram sabu, 167,16 gram ganja, 2 Kilogram tembakau sintetis, serta 3.289 butir obat keras.

Dari 11 kasus yang diungkapnya mayoritas para tersangka ini merupakan para pengedar yang ditangkap dibeberapa wilayah Kabupaten Bogor. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.