Vaksin Covid-19 untuk Usia 18+ Berlaku di Jakarta

by -

Program Vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta untuk masyarakat di atas 18 tahun resmi dibuka. Meski begitu, pemerintah memiliki jadwal prioritas pemberian vaksin bagi kelompok rentan. Adapun pemberian vaksin itu akan disesuaikan urutan kelompok prioritas.

JADI, pada prinsipnya pe­merintah akan berusaha ke­ras agar cakupan vaksinasi itu bisa tercapai 70 persen di seluruh rakyat Indonesia,” terang Juru Bicara Satgas Co­vid-19, Wiku Adisasmito, da­lam konferensi persnya, Rabu (9/6).

”Kita tetap punya prioritas-prioritas. Kita ingin memas­tikan sesuai prioritas itu ter­capai dulu, karena yang prio­ritas itu adalah orang-orang atau kelompok masyarakat yang berisiko. Tentunya usia di atas 18 tahun adalah salah satu kelompok masyarakat yang menjadi target pemerin­tah dan pasti akan kita vaksi­nasi sesuai prioritas kelompok-kelompok tersebut. Pemerin­tah pun sudah menyiapkan schedule yang kaitannya dengan ketersediaan vaksin yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga  Warga Semringah Layanan Vaksinasi PKS Cepat dan Nyaman

Sebelumnya, vaksinasi co­rona DKI Jakarta resmi dibuka untuk masyarakat umum 18 tahun ke atas. Tahap ke­tiga vaksinasi corona sebe­lumnya hanya diprioritaskan untuk para lansia 50 tahun ke atas dan kelompok masyarakat rentan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerapkan aturan tersebut dengan se­jumlah pertimbangan. Salah satunya data kenaikan kasus Covid-19 di DKI Jakarta dalam sepekan terakhir. Angka po­sitivity rate corona Jakarta juga mencapai 7,62 persen. Artinya, penularan corona di Jakarta masih tinggi.

”Berdasarkan data yang ma­suk ke Kementerian Keseha­tan sampai 6 Juni 2021, total kasus positif Covid-19 di Pro­vinsi DKI Jakarta sebesar 435.135 kasus (bertambah 1.019 orang) dengan kasus aktif 11.516 (2,6 persen),” de­mikian keterangan Kemenkes. (dtk/yok/py)

Baca Juga  Aplikasi P-Care Vaksinasi Persingkat Waktu dalam Pendataan Proses Vaksinasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.