Wandik Tak Beri Restu Disdik Gelar PTM Juli Mendatang

by -
Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor, Abidin Said

METROPOLITAN.id – Dewan Pendiddikan (Wandik) Kabupaten Bogor merekomendasikan agar Dinas Pendidikan (Disdik) menunda Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan diselenggarakan pada awal Juli mendatang. Hal itu mengingat kasus penularan covid-19 saat ini tengah melonjak.

Ketua Wandik Kabupaten Bogor Abidin Said mengatakan, jika PTM dilaksanakan dalam waktu dekat sangat beresiko menularkan covid-19. Apalagi para pelajar yang dibawah 18 tahun ini belum menerima vaksin, begitu juga dengan tenaga pendidik yang sudah divaksin tidak menjadi jaminan tidak terpapar covid-19 saat berada di sekolah.

Jika PTM diselenggarakan, lanjut Abidin, siapa yang akan bertangung jawab jika ada penularan covid-19 terjadi di sekolah. Apalagi pergerakan orang di sekolah ini cukup masif, tidak hanya para siswa tetapi orang tua siswa yang ikut ke sekolah untuk mengatar anak-anaknya.

Baca Juga  Tiap Kecamatan Wajib Awasi Pekerja Asing

“Wandik merekomendasikan agar PTM ditunda terlebih dahulu. Kita harus belajar dari Kota Bogor pada saat sejumlah santri terpapar covid-19 saat PTM,” kata dia, Kamis (17/6).

Abidin juga mempertanyakan peranan Satgas Covid-19 dalam mengawal penyelenggaraan PTM jika pada Juli jadi diselenggarakan. Begitu juga dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) akan seperti apa, terlebih Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bogor ini jumlahnya ribuan.

“Tingkat pergerakan orang ini menjadi tinggi ketika pelaksanaan PTM. Lalu penerapan prokes sudah dilakukan belum dan ketika ada yang positif itu siapa yang bertangung jawab? Hal-hal itu yang harus difikirkan juga,” paparnya.

Ia juga menambahkan, jika saat ini memang ada desakan dari orang tua murid karena belajar dengan sistem online cukup kesulitan. Para orang tua pun terlihat kelelahan mengawal anaknya untuk melakukan belajar secara online. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.