4.196 Orang Berebut Jadi PNS Pemkot Bogor, Bertarung Menjadi Pegawai

by -

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor mencatat ada 4.196 pelamar yang mendaftarkan diri jadi pegawai PNS di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini. Jumlah ini masih bisa bertambah lantaran pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 baru ditutup Senin (26/7).

KEPALA BKPSDM Kota Bo­gor, Taufik, mengatakan, pro­ses pendaftaran CPNS dan calon PPPK 2021 segera ber­akhir pada Senin. Penutupan tersebut lebih lama, karena ada penyesuaian jadwal ta­hapan pelaksanaan seleksi calon ASN yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Nomor: N6201/B-KS.04/01/SD/K/2021.

Dalam surat tersebut, mem­berikan kesempatan yang lebih luas pada masyarakat untuk mengikuti seleksi men­jadi ASN. “Seharusnya pendaf­taran dimulai 30 Juni sampai 21 Juli, karena diperpanjang berakhir pada 26 Juli,” kata Taufik, Minggu (25/7).

Dengan adanya penyesu­aian tersebut, sambung dia, pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 2-3 Agustus dengan ke­sempatan masa sanggah di­berikan tiga hari yakni 4-6 Agustus.

Baca Juga  PNS Bogor Tiap Hari Dipaksa Gonta-ganti Kostum

Taufik menuturkan, tahapan jawab sanggah diumumkan pada 4-13 Agustus dilanjutkan dengan pengumuman pas­casanggah yang akan dilaku­kan pada 15 Agustus 2021. Sedangkan untuk PPPK guru akan disampaikan oleh Ke­mendikbudristek pada Agus­tus sampai Desember.

“Pemkot Bogor juga mengelu­arkan pengumuman melalui surat wali kota dengan Nomor: 800/3602 – BKPSDM/2021 tentang perpanjangan masa pendaftaran dan penyesu­aian jadwal,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Bogor mendapatkan jatah formasi dari total 600 formasi yang diusulkan, namun pemerin­tah hanya menyetujui jatah kuota 591 formasi untuk Kota Bogor. Rinciannya ter­bagi atas 257 formasi untuk CPNS dan 334 untuk PPPK.

“Untuk CPNS kebutuhan untuk tenaga kesehatan se­banyak 211 orang dan tenaga teknis 46 orang. Mulai dari dokter, perawat hingga bidan yang akan ditempatkan di berbagai puskesmas se-Kota Bogor sampai RSUD Kota Bogor,” katanya.

Baca Juga  SEHARI BOLOS, TUNJANGAN PNS DIPOTONG

Dari total CPNS yang terse­dia, sambung dia, ada alo­kasi lima formasi untuk pe­serta difabel dan tiga forma­si untuk peserta Cum Laude. Sedangkan untuk PPPK seluruhnya untuk formasi Tenaga Pendidik berjumlah 334 formasi. Mulai dari guru kelas, guru agama Islam, guru Pendidikan Jasmani (Penjas), guru konseling hingga guru TIK yang akan ditempatkan di berbagai se­kolah tingkat SD dan SMP. “Setiap informasi yang ter­kait dengan CPNS di ling­kungan Pemkot Bogor dapat mengakses situs https:cpns.kotabogor.go.id,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Formasi Data dan Penatau­sahaan BKPSDM Kota Bogor, Aries Hendardi, mengatakan, jumlah yang mendaftar di Kota Bogor mencapai 4.196 CPNS pada Sabtu (25/7). Dengan kesempatan pendaf­taran yang masih tersedia hingga esok, maka jumlah tersebut bisa bertambah. “Ma­sih ada kesempatan karena menyisakan satu hari lagi untuk mendaftar,” katanya.

Rencananya, sambung dia, seleksi dilaksanakan sesuai waktu yang tertera di gedung Tegar Beriman, Cibinong, bersamaan dengan tes Pe­merintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. “Rencana tes di gedung Tegar Beriman bersama-sama Kabupaten Bogor titik loka­sinya,” ujarnya.

Baca Juga  Merasa nyaman di tengah masyarakat

Aries menambahkan, per­syaratan yang harus diperha­tikan yakni usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar, dikecua­likan bagi pelamar untuk ja­batan dan kualifikasi pendi­dikan dokter dan dokter gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis serta dokter gigi spesialis dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat melamar. “Memiliki kualifikasi pendi­dikan sesuai persyaratan ja­batan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, masy­arakat yang belum mendaftar masih ada waktu untuk bisa mengikuti seleksi CPNS dan PPPK tahun ini. Pendaftaran masih dibuka melalui portal resmi yakni https://sscasn.bkn.go.id/ yang telah dise­diakan Pemerintah Kota (Pem­kot) Bogor. Melalui portal ini, pendaftar juga bisa melihat daftar instansi yang mem­buka lowongan. (rez/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *