Ade Yasin Ikuti Rakor Kesiapsiagaan Banjir dengan Wagub Jabar

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Per­siapan Menghadapi Kejadian Banjir pada Musim Hujan Tahun 2021 bersama Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, secara virtual di Pendopo Bu­pati, Cibinong, Senin (26/7).

Ade Yasin didampingi jaja­ran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengikuti arahan Uu Ruzhanul Ulum untuk mengantisipasi kemun­gkinan bencana banjir.

Uu mengaku harus siap menghadapi perubahan cuaca yang menurut infor­masi masuk musim hujan. Di beberapa wilayah kabupaten, hujan sudah turun setiap hari, bahkan sudah ada yang hujan besar.

“Jika dipersiapkan dari awal, dengan hati-hati, dan was­pada, Insya Allah kita akan lebih siap menghadapi se­gala kemungkinan. Namun, tentunya kita tidak berharap dan tetap berdoa, semoga Al­lah senantiasa melindungi kita semua dari bencana apa pun,” terang Uu.

Baca Juga  Habib Alwi Yakin Ade Yasin Bupati Bogor 2018

Informasi mengenai kewas­padaan ini, sambungnya, ha­rus sampai ke tingkat masy­arakat agar masyarakat pe­duli menjaga lingkungan se­kitar, membersihkan selokan yang kotor dengan sampah.

Intinya, pemerintah harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam men­ghadapi perubahan cuaca. ”Mudah-mudahan kita bisa mengantisipasi datangnya hujan agar tidak jadi musibah, tapi menjadi berkah,” ujarnya.

Uu meminta dinas terkait melakukan pemeliharaan jalan untuk melihat parit-parit yang ada di pinggir jalan yang kemungkinan tertutupi tanah atau tercemar sampah. Sehingga saat hujan datang, jalan tidak beralih fungsi men­jadi selokan karena parit yang ada tidak bisa dilewati air.

”Kami khawatir di saat eko­nomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19, jika kita tidak waspada akan ditambah dengan bencana-bencana. Maka sebagai pemerintah, kita harus mengantisipasi kejadian tersebut jangan sam­pai terjadi, dengan melakukan kolaborasi bersama seluruh pihak,” bebernya. (*/yok/run)

Baca Juga  Bupati Bogor: Masih Banyak Warga yang Belum Peduli PSBB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *