Akta Jual Beli Tanah di Desa Pasirangin Diduga Dipalsukan Oknum PPAT

by -

METROPOLITAN – Du­gaan pemalsuan Akta Jual Beli (AJB) tanah dan Pengi­katan Jual Beli (PJB) atas objek tanah di Kampung Pasirangin, RT 03/03, Desa Pasirangin, Kecamatan Ci­leungsi, Kabupaten Bogor, diduga dilakukan salah satu oknum notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Perbuatan ini menyebabkan kerugian bagi pemilik lahan Subur Harahap. Hal tersebut dikuatkan berdasarkan AJB Nomor 279 Tahun 2013 yang dikeluarkan Pejabat Pem­buat Akta Tanah sementara yang juga Camat Cileungsi Kabupaten Bogor, Beben Suhendar.

Menanggapi hal itu, Ke­pala Desa (Kades) Pasirang­in, Ismail, menjelaskan ren­tetan lahirnya AJB yang di­keluarkan PPAT Dedi Su­wandi. Untuk mengesahkan AJB, pihak PPAT seharusnya melengkapi PM 1 yang di antaranya surat tidak seng­keta, riwayat tanah dan Spo­radik yang dikeluarkan pe­merintah desa.

”Kami pihak pemerintah desa terkait surat sengketa, riwayat tanah, sporadik atau registrasi dan administrasi pertanahan tetap mengacu yang tertera dalam buku tanah desa juga terdaftar dalam buku C Desa untuk menjaga terjadi tumpang tindih lahan,” imbuhnya.

Terkait kebenaran atas ke­pemilikan tanah di RT 03/03, Desa Pasirangin, Ismail mem­benarkan, berdasarkan buku C Desa, Persil 56 Blok 033 kohir Nomor C.4773 masih tercatat atas nama pemilik Subur Harahap. ”Sampai saat ini berdasar buku C Desa, pemerintah desa tidak pernah mencatat adanya peralihan hak atas tanah Subur Harahap ke­pada pihak lain,” tegas Ismail.

Ketika dikonfirmasi mela­lui telepon selularnya, pe­milik lahan berdasarkan AJB Nomor 279/2013, Subur Harahap, mengungkapkan, sampai saat ini tidak pernah merasa menjual lahan ter­sebut ke pihak mana pun.

”Saya selaku pemilik tanah sampai saat ini tidak pernah menjual tanah saya kepada siapa pun.

Ini bisa kita buktikan mel­alui data yang terdapat di desa. Bahkan, pihak desa sudah menjelaskan berda­sarkan arsip buku tanah desa,” katanya.

Mengenai pengikatan Jual Beli yang dikeluarkan pihak notaris Aden Dahri, sampai saat berita ini dilansir belum memberikan jawabannya. (nto/din/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *