Bogor Galakkan Gerakan Peduli Oksigen, Ajak Warga dan Pelaku Usaha Sumbang Tabung

by -
Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan, saat meninjau Posko Pengendalian Oksigen di gedung BPBD Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (14/7).

METROPOLITAN.id – Usai mendirikan Posko Pengendalian Oksigen, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggalakkan Gerakan Peduli Oksigen. Pemkab Bogor mengajak wasyarakat maupun pelaku usaha untuk menyumbangkan atau meminjamkan tabung oksigen untuk menjaga stok oksiden medis di Bumi Tegar Beriman aman.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan, saat meninjau Posko Pengendalian Oksigen di gedung BPBD Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (14/7).

Menurut Iwan, posko ini memiliki tugas mengatur lalu lintas oksigen dan berkoordinasi dengan rumah sakit terkait ketersediaan oksigen.

Rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang butuh oksigen bisa membawa tabungnya ke posko ini. Tabung tersebut akan diisi oleh posko ke Cilegon, Banten.

Baca Juga  ADE YASIN-IWAN SETIAWAN KOMITMEN LAHIRKAN KEBIJAKAN PRO RAKYAT

“Jaid rumah sakit cukup membawa tabung kosong ke posko dan kita bawa ke Cilegon, nanti diisi di sana, karena pusatnya di sana. Kemarin kita bawa 100 lebih tabung oksigen untuk diisi, tadi saya lihat juga ada dua rumah sakit swasta yang bawa tabung kosong ke posko dan membawa tabung isi untuk rumah sakit mereka. Yag kosong ditaruh di sini, yang sudah diisi bisa dibawa. Ini yang sekarang sudah berjalan dan rumah sakit antusias,” ujar Iwan.

Kendalanya, posko ini tidak memiliki stok tabung oksigen. Sehingga, pengisian ke oksigen ke Cilegon menunggu tabung-tabung kosong dari rumah sakit datang.

Padahal, jika ada banyak stok tabung oksigen, posko bisa menyetok setiap hari sehingga ketika ada kebutuhan darurat oksigen bisa langsung dibawa tanpa menunggu diisi terlebih dulu.

Baca Juga  Pusat Keramaian Bakal Diawasi Ketat Pemkab Bogor

“Permasalahannya sekarang adalah keterbatasan tabung, posko tidak ada tabung. Jadi tabung-tabung dari rumah sakit kita kumpulin lalu angkut, sudah 100 kita bawa ke Cilegon. Sehari kemudian sudah terisi, karena perjalanan juga cuma 6 jam pulang pergi ke Cilegon. Jadi memang harus ada stok juga, nggak kosong isi, kosong isi. Jadi kalau ada yang urgent, kita bisa langsung kasih, kita pinjam-pakaikan ke rumah sakit,” ungkapnya.

Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan, saat meninjau Posko Pengendalian Oksigen di gedung BPBD Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (14/7).

Untuk itu, Iwan menggalakkan Gerakan Peduli Oksigen. Ia mengajak masyarakat dan pelaku usaha yang memiliki tabung oksigen tak terpakai untuk menyumbangkan atau meminjamkan ke Posko Pengendalian Oksigen untuk menjamin ketersediaan oksigen di Kabupaten Bogor.

“Mudah-mudahan ada oengusaha atau donatur mau menyumbangkan atau meminjamkan tabungnya yg tidak terpakai. Nanti kita akan isi dan bantu distribusi oksigen untuk rumah sakit. Jadi ngga mesti nyumbang tabungnya, dipinjamkan ke kita juga boleh. Yang penting ketersediaan oksigen untuk rumah sakit bisa teratasi. Dengan gotong royong seperti ini saya pikir masalah kelangkaan oksigen bisa diminimalisasi,” harap Iwan.

Baca Juga  Stadion Pakansari Bakal Dibuka untuk Konser Internasional

Bagi masyarakat maupun pelaku usaha yang mau menyumbangkan oksigennya, bisa mendatangi Posko Pengendalian Oksigen Kabupaten Bogor yang berlokasi di gedung BPBD Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *