Dewan Minta Pemkab Bogor Tunda Pekerjaan Infrastruktur saat Pandemi

by -
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom

METROPOLITAN.id – DPRD Kabupaten Bogor meminta pemerintah daerah menunda segala pekerjaan infrastruktur pada tahun anggaran 2021 yang tidak dapat terselesaikan hingga akhir tahun.

Hal itu seiring dengan bertambahnya masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19 saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dimana setiap kegiatan dibatasi dan diawasi dengan ketat.

“Kita sudah berkirim surat kepada beberapa dinas, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) serta beberapa dinas lainnya, untuk meminta data progres pekerjaan infrastruktur yang dilakukan pada 2021,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom.

Aan juga meminta, penundaan pekerjaan infrastruktur tersebut dilakukan tidak hanya pada anggaran 2021, tetapi pada anggaran 2022. Sehingga, lanjut dia, Pemkab Bogor bisa menyelesaikan program pemulihan ekonomi yang melanda masyarakat dan para pelaku usaha.

Baca Juga  Mahasiswa Ikut Desak Kejari Usut Untung

“Kalau anggaran infrastruktur itukan bisa setelah penanggulangan covid selesai. Sekarang yang benar-benar urgent ada pemulihan ekonomi masyarakatnya,” paparnya.

Politisi Golkar itu, meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pelaku UMKM yang berdampak langsung. Apalagi saat ini aktivitas masyarakat betul-betul dibatasi seiring adanya PPKM Darurat.

“Kita semua tahu bayak usaha masyarakat seperti UMKM yang pada mati karena dampak pandemi ini. Harusnya disitu Pemkab Bogor ambil peran ikut serta membantu,” bebernya.

Senada dengan Aan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menjelaskan, jika saat ini banyak masyarakat yang kesulitan usai pandemi covid-19 tak kunjung usai.

“Jadi kita melihat yang skala prioritas jadi pada saat menjalankannya harus kepada masyarakat langsung,” kata Rudy.

Baca Juga  Urus Sungai Cileungsi, DLH Tambah Anggaran

Rudy juga meminta kepada Pemkab Bogor melakukan evaluasi kepada sejumlah perkerjaan infrastruktur, khususnya pekerjaan-pekerjaan yang menelan anggaran yang cukup besar.

“Apabila pekerjaan tersebut tidak akan selesai diakhir tahun lebih baik refocusing dulu, nanti dianggarkan kembali di tahun berikutnya. Karena sebentar lagi kita akan membahas APBD perubahan di bulan September,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *