Fix, PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 25 Juli, Diumumkan Langsung Presiden Jokowi

by -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat konferensi pers virtual bertajuk Pernyataan Presiden RI tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (20/7) malam.

METROPOLITAN.id – Pemerintah resmi memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama lima hari ke depan hingga 25 Juli 2021.

Keputusan tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat konferensi pers virtual bertajuk Pernyataan Presiden RI tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (20/7) malam.

Menurut Jokowi, penerapan PPKM Darurat yang dimulai 3 Juli 2021 adalah kebijakan yang tidak bisa dihindari. Harus diambil pemerintah meskipun sangat berat.

“Ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit, sehingga tidak membuat lumpunya rumah sakit lantaran over kapsitas pasien Covid-19, serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya,” ujar Jokowi.

Baca Juga  Presiden Jokowi Terbang ke Banten dari Bogor, Bupati Sempat Bincang-bincang

Namun dengan penerapan PPKM Darurat tersebut, Jokowi menyebut penambahan kasus dan penggunaan tenmpat tidur rawat di rumah sakit mengalami penurunan.

Jokowi juga mengaku selalu memantau dinamika di lapangan dan mendengar suara masyarakat yang terdampak PPKM Darurat. Jika tren kasus terus menurun, ia berjanji akan membuka PPKM Darurat secara bertahap.

“Alhamdulilah kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM Darurat terlihat dari data penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit mengalami penurunan. Kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar sura-suara masyarakat yang terdampak dari PPKM. Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” katanya.

Baca Juga  Satpol PP Jaktim Tindak Tegas Pelanggar PPKM Darurat

Sebelumnya, pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Darurat selama 19 hari sejak 2 Juli hingga 20 Juli 2021. Awalnya,  kebijakan ini diberlakukan hanya di Pulau Jawa dan Bali, namun kemudian diperluas ke beberapa wilayah lainnya.

Lewat kebijakan ini, sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat diperketat, mulai dari bekerja dari rumah atau work from home untuk sektor nonesensial, kegiatan ibadah di rumah, tempat makan tidak boleh melayani pengunjung yang makan di tempat, hingga belajar secara online. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *