Ganjil Genap Kota Bogor Diperpanjang Sepekan, Berlaku Juga di Hari Kerja

by -

METROPOLITAN.id – Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor secara resmi memperpanjang penerapan program ganjil genap di Kota Bogor sepekan kedepan.

Bedanya, program ganjil genap kali ini tidak hanya diberlakukan pada akhir pekan, melainkan turut dilaksanakan pada hari kerja yakni mulai Senin hingga Minggu (26/7-1/8).

Kepastian itu diungkapkan langsung Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat memberikan keterangan pers Forkopimda terkait penerapan ganjil genap di Tugu Kujang, Kota Bogor, Minggu (25/7).

“(Diberlakukan) pada hari kerja, tidak hanya pada wekeend, ini akan berlangsung selama seminggu ke depan, sehingga minggu depan akan kita umumkan lagi untuk perpanjangannya,” kata Kapolresta.

Baca Juga  Rombongan Moge Bebas Ganjil Genap di Bogor, Lolos Rapid Antigen di Puncak

“Kita akan evaluasi terus dan kita akan terapkan selama satu minggu ke depan, nanti kita umumkan lagi,” sambungnya saat ditanya apakah program ganjil genap akan diberlakukan hingga kasus Covid-19 hilang di Kota Bogor.

Dijelaskan Kapolresta, mengapa program ganjil genap ini diberlakukan pihaknya, karena pihaknya ingin mengubah dari melarang jadi mengatur, agar masyarakat bisa menahan diri satu hari tidak keluar rumah untuk membelanjakan kebutuhan sehari-hari dan sebagainya.

“Keberhasilan kita menghadapi pandemi Covid ini sangat bergantung pada peran serta masyarakat, dimohon agar masyarakat bisa turut mensukseskan sehingga mobilisasi berkurang signifikan dan angka Covid bisa kita kendalikan,” ucapnya.

Soal jam operasional pada perpanjangan program ganjil genap ini, dituturkan Kapolresta, masih sama dengan awal, di mana penerapannya berlangsung selama 24 jam dan berlangsung di 17 titik sekat atau check poin yang sudah ada.

Baca Juga  Wali Kota Bandung Tutup Usia, Bima Arya: Saya Kehilangan Mitra Bertukar Pikiran

“Masih sama, kita terapkan 24 jam pada 17 titik sekat. (Dilaksanakan) dengan 4 pola yang akan kami lakukan berdasarkan analisa evaluasi setiap jam,” imbuhnya.

“Kami mengukur berapa kepadatan lalulintas, dan ini yang menjadi pertimbangan apakah pada ruas tertentu diterapkan pola apa yang akan kami laksanakan, tapi pada prinsipnya kita melaksanakan 24 jam,” lanjut dia.

Tak hanya itu, ditambahkan Kapolresta, pihaknya juga akan melakukan pengawasan di sentra perdagangan untuk memastikan bahwa ganjil genap berlaku juga pada pengunjungnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, keputusan perpanjangan program ganjil genap ini dilakukan lantaran berdasarkan arahan dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kota Bogor masih berada di PPKM level 4.

Baca Juga  Siang Bolong, Bima Arya Ngamuk di Tengah Jalan

“Besok akan ada penyesuaian tetapi dari arahan Menko Luhut tadi kemungkinan besar wilayah aglomerasi Jabodetabek tetap masih di level 4,” katanya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.