Ini Kronologi Warga Perumahan Griya Katulampa Terpapar Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Korlap Satgas Covid-19 Perumahan Griya Katulampa, Agus Tri Suprayudi menjelaskan kronologi awal penularan kasus Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Di mana, kasus ini pertama kali muncul sejak Rabu (16/6).

“Jadi pasien pertama itu diketahui muncul sejak pertengahan Juni, pasien pertama ini bekerja dan beraktivitas di luar, kemudian menyebarkan kesini,” kata Agus saat ditemui di Posyandu Anggrek 3 usai meninjau pelaksanaan swab test dan swab antigen bagi warga Perumahan Griya Katulampa, Senin (5/7).

Namun, dilanjutkan Agus, kalau melihat secara rata-rata, kasus penularan bukan hanya terjadi dari pasien pertama yang terpapar Covid-19. Melainkan, ada beberapa warga yang tertular dari luar perumahan.

Baca Juga: Waduh! Banyak Pasien Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa yang Keluyuran

“Penyebaran tidak terjadi dari orang pertama itu saja. Ada juga warga lain yang kerja di luar kota lainnya dan membawa (memaparkan) kesini,” ucapnya.

Baca Juga  Hanyut di Bogor, Jasad Muncul di Cibinong

Tak sampai situ, sambung Agus, ada juga kasus penularan yang terjadi di Perumahan Griya Katulampa melalui kedatangan sanak saudara ke warga perumahan.

“Jadi keluarga yang datang kesini itu mereka OTG. Setelah itu warga yang menerima keluarganya mengalami gejala dan setelah dites secara mandiri dinyatakan positif (Covid-19),” imbuh Agus.

Baca Juga: Ini Jawaban Camat Soal Banyak Pasien Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa yang Keluyuran

Kemudian, dilanjut Agus, penularan juga terjadi dari salah satu warung milik warga yang ada di Perumahan Griya Katulampa. Di mana, yang bersangkutan diketahui terpapar Covid-19 di salah satu pasar tradisional yang ada di Kota Bogor.

“Nah dari kasus-kasus ini terhitung sejak 16 Juni sampai akhir bulan ada 68 kasus yang terjadi di Perumahan Griya Melati,” bebernya.

Baca Juga  Kasus Positif Perumahan Griya Katulampa Bertambah, Total Jadi 90 Orang

“Kemudian bertambah 20 orang (positif) terhitung sejak Kamis sampai Minggu (1-4/7). Kemudian bertambah lagi setelah dilakukan tes Covid sebanyak 12 orang pada Senin (5/7),” ucap dia.

“Jadi total seluruh warga yang positif ada 100 orang sejak kasus ini muncul. Namun berdasarkan data yang masuk per Sabtu (3/7) ada empat orang yang sudah dinyatakan sembuh. Artinya, warga yang positif saat ini ada 96 orang,” ujarnya.

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang di tengah penyebaran kasus Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Jumlah warga Perumahan Griya Katulampa yang terpapar virus Corona tembus menjadi 100 orang per Senin (5/7).

Jumlah ini pun dinilai masih bisa terus bertambah lantaran Satgas Covid-19 Perumahan Griya Katulampa masih menunggu hasil PCR ke-35 warganya. Hal itu diakui Korlap Satgas Covid-19 Perumahan Griya Katulampa, Agus Tri Suprayudi.

Baca Juga  Hari Ini Prilly Latuconsina Terakhir Mengisi Program Sahur

“Masih bisa bertambah karena kita masih nunggu hasil PCR dari 35 orang yang dites. Kemungkinan semingguan lebih keluarnya (hasil PCR), soalnya dilempar ke Jakarta,” kata Agus usai melakukan swab test dan swab antigen bagi warga Perumahan Griya Katulampa, Senin (5/7).

Sementara, dilanjutkan Agus, berdasarkan swab antigen yang dilakukan kepada tujuh orang, tiga orang dinyatakan positif Covid-19 dan empat lainnya harus melanjutkan tes swab PCR.

“Jadi total keseluruhan ada 100 orang positif sejak kasus ini muncul. Tapi, empat orang sudah dinyatakan sembuh,” ucapnya.

“(Di) Griya Katulampa ini memang cukup banyak dan melonjak (kasus Covid-19),” sambung Agus. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.