IPB Kembangkan Biomaterial Khusus Implan Tulang

by -

METROPOLITAN – IPB Uni­versity menggandeng Uni­versity of Nottingham Inggris dalam mengembangkan bio­material terjangkau untuk implan tulang. Peneliti IPB dari Departemen Fisika Fa­kultas MIPA, Yessie Widya Sari, mengatakan, tidak semua lapisan masyarakat menda­patkan akses yang mema­dai terhadap layanan kesehatan berkuali­tas.

Masyarakat yang kesulitan mendapatkan layanan kese­hatan berkualitas terutama di negara-negara ber­penghasilan ren­dah dan men­e n g a h , term­asuk Indonesia. Layanan kesehatan yang dimaksud di antaranya terkait dengan trauma tulang, TBC tulang, kanker tulang, dan patah tulang.

”Bahan implan tulang yang di­perlukan untuk pengobatan, mayoritas masih produk impor dengan harga yang tinggi. Maka dari itu, diperlukan riset terkait peng­embangan bahan implan tulang untuk aplikasi biome­dis yang dapat terjangkau oleh masyarakat,” kata Yessie dalam keterangannya, Rabu (21/7).

Baca Juga  DORONG KETAHANAN PANGAN BEM se-Indonesia Ikrarkan Deklarasi Ciawi

IPB University bersama lima institusi lainnya menggelar lokakarya yang membahas pembuatan biomate­rial perbaikan tulang sebagai bahan perawatan keseha­t a n terjangkau di Indonesia. Ke­lima institusi tersebut adalah Fakultas Teknik (University of Nottingham, Inggris), De­partemen Fisika (Universitas Indonesia), Stem Cell and Cancer Institute (Kalbe Farma), RSUP Persahabatan dan Ika­tan Fisikawan Kedokteran Indonesia.

”Apabila biomaterial peng­ganti tulang yang terjangkau ini dapat terwujud, tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kita mam­pu dan ahli dalam membuat bahan alat kesehatan lainnya di Indonesia,” katanya. (*/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *