Kades Jagabita Bangun Infrastruktur Pakai Duit Samisade

by -

METROPOLITAN – Kepala Desa Jagabita Acep Humaedi menggunakan anggaran Satu Miliar Satu Desa (Samisade) bupati Bogor untuk membangun infrastruktur jalan penghubung desa di wilayahnya.

Pemerintah Desa (Pemdes) Jagabita meresmikan pembangunan jalan di Kam­pung Pabuaran, RT 01/03, Desa Jagabita, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, pembangunan akan dilakukan bertahap.

”Peluncuran perdana pro­gram Samisade di Parung­panjang. Perbaikan jalan program Samisade merupakan harapan warga, dari besar anggaran Rp1 miliar yang kami akan terima secara ber­tahap,” ungkap Acep Huma­edi kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menuturkan, akses jalan di Kampung Pabuaran Leles melibatkan dua kampung wilayah kadus 2 dengan kadus 3. Yang akan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap pertama, 40 persen dari ang­garan yang ditentukan.

Baca Juga  Cairkan Program Samisade, Ade Yasin Ultimatum Kades: Ini Uang Bukan Turun dari Langit

Menurutnya, perencanaan pembangun infrastruktur ja­lan program Samisade, dimo­nitoring dari pihak Kecama­tan Parungpanjang, Polres, dan Kodim Bogor, secara taknis oleh kapolsek dan dan­ramil di lokasi. ”Pas peluncuran dihadiri muspika. Dan untuk volume pembangunan dengan panjang 1.268 meter dan un­tuk lebar 3,5 meter. Sebelum­nya, Pemdes Jagabita melalui tahapan Musdes (musyawa­rah desa) melibatkan tokoh masyarakat dan elemen ma­syarakat,” terangnya.

Acep melanjutkan, program Samisade ini akan berpenga­ruh baik bagi masyarakat. Jalan betonisasi ini merupa­kan akses penghubung desa, sehingga memudahkan mo­bilitas masyarakat Desa Jaga­bita.

”Jalan ini akan memperlan­car akses ke tiga desa, yaitu Desa Cibunar, Lumpang, Gintungcilejet sehingga pe­rekonomian masyarakat Ja­gabita yang sebagian petani dan pedagang otomatis akan meningkat karena jalannya sudah bagus,” pungkasnya. (sir/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *