Kasus Meninggal Covid-19 di Kota Bogor Tinggi, Dinkes: Ini Data Kumulatif

by -

METROPOLITAN.id – Kasus meninggal dunia pasien Covid-19 di Kota Bogor mencatatkan angka yang tinggi. Tercatat pada Senin (26/7), ada 30 warga Kota Bogor yang terkonfirmasi meninggal dunia akibat virus Corona.

Hal itu pun dibenarkan Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr Siti Robiah Mubarokah.

Menurutnya, rincian dari 30 kasus meninggal dunia, yakni sembilan orang meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri (Isoman) dan 21 orang meninggal dunia di Rumah Sakit.

“(Dari ke 30 kasus ini) Yang sudah divaksin 1 orang, yang lainnya belum di vaksin. Seluruhnya tidak ada komorbid,” kata dr Siti.

Sementara, dari 30 kasus meninggal dunia, dua orang dinyatakan meninggal dunia pada 19 dan 30 Mei lalu. Sedangkan, 28 orang lainnya meninggal dunia terhitung sejak 3-25 Juli 2021.

Baca Juga  Kecewa Atas Pelaksanaan One Hour Service And One Day Service

“Jawaban awal untuk data meninggal yang tercatat pada hari ini (Senin) adalah data kumulatif. Bukan kejadian pada hari ini semua,” ucapnya.

Saat disinggung kenapa data kasus meninggal dunia bulan lalu baru dimasukan ke update terbaru yang dikeluarkan, dr Siti menuturkan bahwa hal ini dilakukan karena ada pencocokan data terlebih dahulu di aplikasi yang dilakukan Dinkes, RS dan Puskesmas.

“Hasil pencocokan data kematian laporan dari RS dan Puskesmas,” beber dr Siti.

Disisi lain, dr Siti memastikan untuk data pasien positif baru yang di update harian itu sudah sesuai berdasarkan hasil laporan Puskesmas, data NAR dan hasil swab yang dilakukan Dinkes.

Baca Juga  Mobil Dinas TNI Bawa Logistik Kampanye Prabowo-Sandi

“Sedangkan untuk data kesembuhan itu sifatnya akumulasi setelah dilakukan proses afirmasi kesembuhan oleh petugas Dinkes berdasarkan laporan dari Puskesmas,” tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dikeluarkan Satgas Covid-19 Kota Bogor per Senin (26/7), ada penambahan kasus meninggal dunia sebanyak 30 orang.

Lalu, untuk kasus pasien positif baru ada penambahan sebanyak 562 orang. Sedangkan, kasus pasien sembuh ada penambahan sebanyak 528 orang.

Sementara, secara total kasus Covid-19 di Kota Bogor sudah tembus di angka 31.288 kasus, dengan rincian 3.546 orang masih berstatus positif aktif. Sedangkan yang sudah sembuh atau selesai isolasi berjumlah 27.335 kasus. Terakhir, kasus meninggal dunia sebanyak 407 orang. (rez)

Baca Juga  PENGUSAHA ANGKOT SIAP-SIAP SEDIAKAN ANGKUTAN BUS

Leave a Reply

Your email address will not be published.