Kesulitan Belajar Daring, Warga Bogor Minta Bantuan Internet Gratis Diperpanjang

by -

METROPOLITAN.id – Sejumlah warga Kota Bogor meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperpanjang bantuan internet gratis bagi para pelajar. Permintaan ini disampaikan mengingat proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2021/2022 sudah dimulai sejak Senin (26/7).

Seperti diungkapkan Ketua RW 03, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Heni. Menurutnya, keberadaan internet gratis ini cukup membantu kebutuhan para pelajar dalam mengikuti proses belajar mengajar secara daring.

Untuk itu, ia meminta program wifi publik gratis ini diperpanjang selama proses belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

“Sebetulnya wifi tersebut sangat berguna bagi masyarakat, apalagi untuk para siswa maupun mahasiswa, banyak yang menggunakan wifi tersebut,” katanya kepada Metropolitan.id, Selasa (27/6).

“Kami berharap akses internet gratis tersebut bisa kembali aktif dipergunakan. Lokasinya kalau di kami di Posyandu,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua RT 02/12, Kelurahan Menteng, Oban. Menurutnya, keberadaan internet gratis ini cukup membantu bagi warga yang masuk dalam kategori menengah ke bawah.

Baca Juga  Keren, Anggota TNI di Bogor Bantu Siswa Kerjakan Tugas, Sediakan Wifi Gratis Juga

Apalagi, bantuan kuota internet gratis yang sempat diberikan pemerintah sudah tidak ada lagi untuk saat ini.

“Sudah 2 bulan gak aktif. Wifi nya mah nyala cuma tidak berfungsi, jadi terkoneksi pun percuma,” katanya.

“Ya kami sih berharap (internet gratis) ada lagi. Ngebantu buat warga yang kurang mampu. Bantuan kuota dari pemerintah kan belum tau ada lagi apa gak,” ujar dia.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi menjawab soal wifi publik gratis yang tidak bisa diakses pelajar untuk mengikuti proses belajar mengajar secara daring saat ini.

Menurutnya, program wifi publik gratis saat ini sudah tidak bisa diakses lantaran program tersebut sudah tidak.

Baca Juga  Rogoh Kocek Rp2.000 Pelajar Bogor Bisa Belajar Daring

“Udah ga ada, dan itu anggarannya bukan di Disdik tapi di kecamatan. (Anggaran) Tahun 2020,” kata Hanafi, Selasa (26/7).

Hal senda diungkapkan Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat. Menurutnya, program wifi publik gratis untuk para pelajar ini sudah tidak ada. “Udah nggak ada,” singkatnya.

Sebelumnya, sejumlah pelajar di Kota Bogor kelimpungan mencari internet gratis sejak dua hari belakangan ini. Itu terjadi lantaran proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2021/2022 sudah dimulai sejak Senin (26/7).

Untuk diketahui, saat ini proses belajar mengajar di sebagian sekolah di Kota Bogor sudah menggelar kegiatan belajar tahun ajaran baru. Namun karena situasi pandemi Covid-19 belum mereda, para pelajar terpaksa mengikuti proses belajar mengajar secara daring.

Namun persoalannya, tidak semua pelajar mampu mengikuti proses belajar mengajar secara daring dengan kuota sendiri. Beberapa pelajar masih banyak yang mengandalkan wifi publik gratis.

Baca Juga  Ini Jawaban Pemerintah soal Internet Gratis Tidak Bisa Diakses Pelajar di Bogor

Seperti yang dialami warga Kampung Gang H Sidik, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal. Dalam dua hari belakangan ini mereka bolak balik mendatangi Posyandu di sekitar kampungnya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring, mengandalkan wifi publik gratis yang disediakan pemerintah.

Namun saat mengakses wifi publik gratis ini, para pelajar kesulitan mengakses internet. Alhasil, lantaran internet gratis yang diharapkan tidak dapat diakses, para pelajar terpaksa kembali ke rumah masing-masing.

“Iya udah dua hari ga bisa diakses. Kalau masuk ke jaringan wifinya konek, cuma pas buka zoom meeting gak bisa kebuka. Kuota internetnya ga ada kayanya,” kata salah seorang orang tua murid yang mengantarkan anaknya ke Posyandu di sekitar kampungnya, Y kepada Metropolitan.id, Selasa (27/6). (mg1/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *