KPK bakal Panggil Anies Baswedan

by -

METROPOLITAN – Ketua Komisi Pem­berantasan Ko­rupsi (KPK), Komjen Firli Bahuri, me­nyebut pi­haknya akan memeriksa Gubernur DKI Jakar­ta, Anies Baswedan, d a l a m waktu de­kat. Anies bakal dip­eriksa dalam kasus dugaan korupsi penga­daan tanah di Munjul, Ja­karta Timur. ”Kita memang akan jadwalkan untuk pemang­gilan para pihak yang terkait pada perkara korupsi penga­daan lahan di DKI Jakarta. Mungkin minggu ini atau minggu depan,” ujar Firli da­lam keterangannya, kemarin.

Firli pun meminta masyara­kat memberikan waktu untuk para penyidik bekerja men­gumpulkan bukti dan kete­rangan terkait kasus ini. Firli menegaskan, lembaga anti­rasuah ragu untuk menjerat siapa saja pihak yang terlibat dalam kasus korupsi.

”KPK tidak pernah ragu dan pandang bulu untuk meny­elesaikan perkara korupsi, siapa pun dan apa pun status jabatan seseorang. Akan te­tapi, kerja KPK berpegang pada prinsip kecukupan bukti dan bukti yang cukup,” kata Firli.

Baca Juga  Guntur Romli Kenang Pernyataan Ahok Soal Rumah DP 0 Rupiah

Firli Bahuri sempat me­nyebutkan, pemeriksaan ter­hadap Anies dan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi akan dila­kukan lantaran keduanya diduga mengetahui proses pengadaan tanah ini. Apala­gi, anggaran dalam penga­daan tanah Munjul bersumber dari APBD yang dibahas dan ditetapkan Pemprov dan DPRD DKI.

”Terkait program pengadaan lahan dalam penyusunan pro­gram APBD DKI, gubernur DKI tentu sangat memahami. Be­gitu juga dengan DPRD DKI yang memiliki tugas ke­wenangan menetapkan RAPBD menjadi APBD bersama Pem­da DKI yang mestinya tahu akan alokasi anggaran penga­daan lahan DKI. Jadi, perlu dimintai keterangan sehingga menjadi terang-benderang,” bebernya. (lip/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *