Makin Ngeri, 5 Hari Nyaris 1000 Orang di Bogor Positif Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Lonjakan kasus Covid-19 juga terjadi di Kabupaten Bogor. Dalam 5 hari sejak awal Juli saja, nyaris 1000 orang di Bumi Tegar Beriman Positif Covid-19.

Bupato Bogor Ade Yasin mengatakan, ada penambahan kasus positif sebanyak 921 kasus di lima hari pertama bulan Juli 2021.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor ini menjelaskan, 2021 menjadi tahun yang cukup tinggi peningkatan kasus Covid-18. Diawal 2021, tekanan kasus terjadi usai libur akhir tahun hingga diterapkannya PPKM Mikro pada Maret. Secara bertahap, angka konfirmasi positif semakin menurun dalam dua bulan.

Akan tetapi, penurunan kasus tersebut tak berlangsung lama. Pada Juni 2021, terjadi lonjakan kasus yang sangat signifikan. Kondisi ini diperkirakan akibat adanya libur lebaran dan pasca-lebaran.

Baca Juga  Chelsea: Coba Yah Suatu Saat Nanti Bermain Seperti Emma Watson

“Bahkan di bulan Juli jumlah ini meningkat sangat signifikan. Dalam lima hari jumlah kasus konfirmasi bulan Juli sudah mencapai setengah dari capaian di bulan Juni. Jika hal ini dibiarkan maka akan terjadi lonjakan kasus yang melebihi bulan Juni. Hal ini bisa dilihat dari lonjakan rata-rata harian yang meningkat lebih dari dua kali lipat,” jelas Ade Yasin, Kamis (8/7).

Menurutnya, penerapan PPKM Mikro di Kabupaten Bogor telah menunjukkan hasil signifikan yang menunjukkan penurunan angka kasus positif harian cukup drastis. Hal ini terlihat dari adanya penurunan jumlah kasus yang signifikan pada Maret dan April.

“Hanya saja lonjakan kasus mulai terjadi pada awal bulan Juni yang semula sebanyak 333 kasus menjadi 1035 kasus pada akhir Juni. Sehingga mengalami penambahan sebanyak 702 kasus per bulan. Sedangkan pada bulan Juli yang baru lima hari saja sudah mengalami penambahan sebanyak 921 kasus,” ungkapnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.