Pameran Virtual Gairahkan Pasar Properti

by -

METROPOLITAN – Pameran properti virtual diharapkan menjadi wahana pelaku industri perumahan dan calon konsumen berinteraksi guna memenuhi kebutuhan pasokan dan kebutuhan rumah di tengah pandemi. Real Estate Indonesia (REI) bekerja sama dengan portal properti Rumah.com berenvana menggelar pameran properti virtual sebagai bagian dari upaya menggairahkan sektor perumahan di tengah pandemi.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, menyambut antusias kemitraan pihaknya dengan REI sebagai asosiasi terkemuka di antara pengembang properti. Langkah ini diharapkan memberikan kemudahan para pengembang properti menjangkau para pencari rumah sekaligus mendukung kampanye #TimeToBuy yang digaungkan oleh para pengembang.

“Di masa yang penuh tantangan ini, masyarakat mengubah cara mereka mengkonsumsi dan mencari informasi termasuk di bidang properti. Data kami menunjukkan bahwa Rumah.com tumbuh dua kali lipat pada semester pertama tahun 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Konsumen tertarik untuk mencari informasi tentang properti melalui online dari rumah mereka yang nyaman. Para pengembang juga mengejar perubahan perilaku yang muncul ini. Kemitraan kami dengan REI menandai adanya evolusi ini,” jelas Marine.

Baca Juga  Pengusaha Properti Alihkan Kunjungan Konsumen Virtual

Wakil Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI), Ikang Fawzi, mengatakan bahwa REI sangat menyambut baik inisiatif program virtual expo melalui kemitraan dengan Rumah.com karena dapat membantu para pengembang untuk mengubah cara pencari rumah menemukan segala hal yang terkait dengan penawaran rumah. Kemitraan ini datang di saat yang tepat dimana pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pembebasan PPN Properti.

Di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Marine bersama-sama Ikang sepakat mendesak sektor properti untuk berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Industri properti kita memiliki multiplier effect terhadap 174 sektor lain dan 350 jenis industri terkait skala kecil,” jelas Marine. “Karena itu mari kita lakukan peranan kita dalam membantu kebijakan pemerintah menjadi dampak bisnis yang nyata dan mendorong pemulihan ekonomi,” kata Ikang. Menurut data REI, pada kuartal pertama 2021 pertumbuhan penjualan properti mencapai 15 persen dengan penjualan senilai Rp200 triliun di mana ini terjadi pada periode pembebasan PPN Properti. Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang pengecualian untuk mendorong pemulihan ekonomi dari sektor properti.

Baca Juga  Bisnis Properti Mewah Diprediksi Tetap Laris

REI memperkirakan dengan perpanjangan insentif PPN, penjualan properti akan tumbuh 20 persen hingga akhir tahun. Marine berharap acara yang akan digelar menjadi salah satu pameran properti online terbesar yang akan diadakan tahun ini. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *