Pemdes Cipelang Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Desa

by -

METROPOLITAN – Pe­merintah Desa (Pemdes) Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, mereali­sasikan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk meningkatkan kualitas in­frastruktur desa. Mulai dari pembangunan jalan hingga Tembok Penahan Tanah (TPT). Seperti pembangunan Jalan Kampung Bojongkopi sepanjang 700 meter, dengan lebar 2,5 meter, yang men­ghubungkan Desa Cipelang dengan Desa Cibalung.

Selain itu, untuk mencegah tanah longsor, Pemdes Ci­pelang membangun TPT di Kampung Cipelang, RW 06, sepanjang 44 meter, dengan tinggi 2,5 meter. Dana pembangunan didapat da­ri program Samisade Kabu­paten Bogor, di mana pel­uncuran dilaksanakan ber­sama Pemerintah Kecama­tan (Pemcam) Cijeruk, serta tokoh masyarakat Kampung Bojongkopi, RW 05.

Kepala Desa (Kades) Ci­pelang, Kiki Sukiwan, menga­ku dengan batuan Samisade tahap pertama sebesar Rp360 juta lebih, pihaknya merea­lisasikan anggaran untuk betonisasi jalan penghubung kampung. Yakni Kampung Cipelang-Bojongkopi tembus menuju Desa Cibalung. Tu­juannya, agar meningkatkan ekonomi masyarakat, pen­didikan, dan melancarkan aktivitas warga menjual hasil peternakan dan per­tanian.

Baca Juga  Gelar Maulid, Pemdes Cipelang Minta Warga Jaga Kerukunan

”Untuk program yang baru ini, kami melibatkan semua lembaga desa. Yaitu BPD, LPM, TPK, ketua RT, RW, tokoh masyarakat setempat, serta warga yang akan kita libatkan dalam pembangu­nan untuk betonisasi Kam­pung Bojongkopi ini,” kata­nya. ”Meliputi dua RW yaitu RW 05 dan 06 yang bisa tembus ke Desa Ciba­lung. Ini jalan hidup yang bisa digunakan warga untuk beraktivitas,” ujarnya.

Jika pekerjaan nanti telah selesai, ia mengaku bahwa pengguna jalan, terutama warga Bojongkopi, tidak lagi dihadapkan dengan ja­lan yang kurang layak. Sebab, dengan dibetonnya jalan, akan kembali mulus dan melancarkan mobilisasi warga. Termasuk untuk anak sekolah dan juga mengang­kut hasil pertanian dan pe­ternakan warga.

Baca Juga  Kades Cipelang Terpilih Siap Dikritik Warga

”Kami berterima kasih ke­pada Bupati Bogor Ade Ya­sin yang telah merealisasikan bantuan dana Samisade ke Desa Cipelang pada tahun ini. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga, teru­tama di sektor pendidikan, pertanian, peternakan, dan juga kesehatan,” jelasnya. ”Dengan jalan yang mulus akan melancarkan aktivitas warga. Kami berharap eko­nomi warga akan terus me­ningkat dengan jalan yang telah dibeton ini,” tutupnya. (nto/c/ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *