Pemdes Sukaharja Bangun Jalan Wisata Hutan Pinus

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Desa (Pemdes) Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupa­ten Bogor, melibatkan warga dalam pembangunan jalan yang menggunakan dana Satu Miliar Satu Desa (Sa­misade). Rencananya, Pemdes Sukaharja bakal melakukan betonisasi jalan yang melin­tasi Kampung Pasir Tengah dan Kampung Ciconggang.

Warga melaksanakan pem­bersihan dan meratakan jalan yang akan dibeton dengan panjang 790 meter dan lebar 3 meter, serta membangun turap dengan panjang 30 me­ter dengan ketinggian 1 meter.

”Pada tahun ini kita menda­patkan dana Samisade yang akan kita gunakan untuk be­tonisasi jalan penghubung jalur Wisata Hutan Pinus di Kampung Pasir Tengah dan juga Kampung Ciconggang. Manfaatnya untuk mening­katkan kunjungan wisatawan ke Hutan Pinus. Karena dengan jalan yang mulus akan mem­buat nyaman wisatawan yang berkunjung dan ini akan men­dongkrak ekonomi warga se­kitar,” ujar Kades Sukaharja, Ujang Suhendra.

Ia melanjutkan, untuk se­mentara ini pemdes dan warga masih membersihkan dan meratakan jalan yang akan dibetonisasi. Sehingga ketika pelaksanaan pembangunan jalan yang dibeton akan ber­jalan lancar. Karena jalan ter­sebut rusak parah, perlu ada­nya pemerataan dan juga merapikan jalan tersebut.

”Awalnya kan jalan ini rusak parah, berupa batu dan tanah yang sangat sulit untuk dile­wati. Makanya kami dan war­ga berupaya untuk mening­katkan jalan tersebut dengan dibetonisasi. Hal ini untuk kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Hutan Pinus,” bebernya.

Menurut Ujang, dari pembangunan jalan ini, jelas yang paling diuntungkan ada­lah warga setempat. Karena dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, masyarakat bisa berjualan. Terutama pen­jualan tanaman hias, atau menjadi petunjuk jalan bagi wisatawan. (nto/b/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *