Pemkot Bogor Larang Salat Idul Adha di Masjid, Musolah hingga Lapangan

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor secara resmi melarang pelaksanaan takbir keliling dan ibadah salat Idul Adha di masjid pada tahun ini. Keputusan tersebut diambil menyusul tingginya kasus penyebaran Covid-19 di Kota Bogor saat ini.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan HAM Pemkot Bogor, Alma Wiranta menuturkan, pemerintah tengah berupaya menekan penyebaran Covid-19, apalagi pemerintah pusat juga telah mengeluarkan aturan larangan takbir keliling dan salat Idul Adha selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Untuk itu, pihaknya memutuskan untuk melarang pelaksanaan salat Idul Adha di masjid, musolah yang dikelola pemerintah maupun yang dikelompokkan oleh masyarakat dan pihak-pihak lainnya serta lapangan terbuka.

Baca Juga  Pemkot Bogor Konsisten Hidupkan Even Lari

Di mana, pelarangan salat Idul Adha tersebut termaktub dalam surat edaran Wali Kota Bogor Nomor 400/3585-Kesra tentang protokol kesehatan penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha di masa pemberlakuan PPKM Darurat di Kota Bogor.

“Dalam poin C Nomor 2 di surat tersebut dijelaskan, penyelenggaraan salat Hari Raya Idul Adha di Masjid maupun Mushola yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum lainnya seperti lapangan, ditiadakan di seluruh wilayah Kota Bogor,” kata Alma, Minggu (18/7).

Tak hanya pelaksanaan salat Idul Adha, Pemkot Bogor juga melarang adanya tradisi malam takbiran pada H-1 jelang Idul Adha. Khususnya tradisi pawai, arak-arakan maupun takbir keliling.

“Pada poin C Nomor 1 di Surat Edaran Wali Kota Bogor dijelaskan, jika penyelenggaraan malam takbiran menyambut Hari raya Idul Adha di Masjid atau Musholla, takbir keliling berupa arak-arakan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan ditiadakan,” ucapnya.

Baca Juga  Pemkot Bogor Batal Anggarkan Dana Bantuan Internet Gratis, Tapi...

Atas itu, pemerintah mengimbau agar melaksanakan malam takbiran dengan melaksanakan di rumah, tempat tinggal, atau kediaman masing-masing. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.