Polbangtan Bogor Sukseskan Pelatihan Sejuta Penyuluh dan Petani

by -

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) akan melakukan kegiatan Pelatihan Sejuta Penyuluh, Petani dan Insan Pertanian.

SELAKU koordinator pelaks­anaan pelatihan di wilayah Maluku dan Maluku Utara, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor terlibat mulai dari registrasi peserta sampai pelatihan ter­laksana.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, tantan­gan terbesar pembangunan pertanian di masa depan adalah peningkatan kualitas SDM pertanian. Oleh karena itu, Syahrul menekankan pentingnya peningkatan SDM pertanian. “Peningkatan kualitas SDM sangat penting. Sebab, SDM adalah faktor pengungkit utama dalam pe­ningkatan produktivitas per­tanian,” ujarnya.

“Kegiatan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh akan mempercepat tercapainya pertanian maju, mandiri hingga modern. Sebab, SDM pertanian dikuatkan secara menyeluruh. Kualitas dan kuantitas produktivitas tentu akan tercapai secepatnya. Indonesia akan memiliki ka­tahanan pangan kuat,” terang Mentan SYL.

Baca Juga  Polbangtan Bogor Jadi Pengisi di Opening Day SMK

Hal serupa disampaikan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi. “Kita akan genjot pelatihan pertanian meskipun masa pandemi ini di seluruh pelosok tanah air melalui online,” ungkap Dedi.

Pelatihan satu juta petani dan penyuluh, diakui Dedi, merupakan simbol yang ar­tinya Kementan melakukan pelatihan yang masif di seluruh tanah Air. Tujuan dan hara­pannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab, peningkatan produktivitas bukan hanya karena tekno­logi terbaru, benih bagus saja tetapi juga peningkatan kapasitas dan keterampilan insan pertaniannya yaitu peny­uluh dan petani.

Kegiatan yang akan diikuti seluruh penyuluh, petani dan insan pertanian dari seluruh Indonesia ini memiliki target sebanyak 1.5 juta peserta dan Pelatihan akan dilakukan se­cara hybrid yaitu offline di Kostratani dan online via zoom meeting serta streaming youtube.

Baca Juga  Polbangtan Bogor Terjunkan Alumni Dampingi Petani

Direktur Polbangtan Bogor, Detia Tri Yunandar, mengim­bau penyuluh mendaftarkan seluruh petani di wilayah binaannya, sehingga bisa mencapai target yang telah ditetapkan. “Kementan akan mengadakan pelatihan 1 juta penyuluh dan petani. Polbang­tan Bogor menjadi penanggung jawab kegiatan tersebut di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Kami mengharapkan kerja sama dari bapak/ibu yang hadir melalui zoom mee­ting ini untuk menyukseskan program ini,” ujarnya.

Sebagai langkah persiapan, Polbangtan Bogor mengada­kan rapat koordinasi Perce­patan Pelatihan Sejuta Peny­uluh, Petani dan Insan Per­tanian. Rapat yang dilaksana­kan secara online dan berpu­sat di Ruang AOR Polbangtan Bogor ini membahas tentang teknis pelatihan yang akan diselenggarakan di Maluku dan Maluku Utara pada pem­bukaan 28 Juli 2021 tentang materi kebijakan serta gelom­bang 10 tanggal 1 Agustus 2021 tentang pengelolaan kesubu­ran tanah (kompos dan KUR).

Baca Juga  Polbangtan Bogor Turunkan Mahasiswa Magang

Strategi percepatan ini an­tara lain, target pendaftaran pelatihan sejumlah 1,5 juta, sehingga diperlukan dukungan dari seluruh pihak. Dalam hal ini satu PNS atau P3K dapat mengajak dan mendaftarkan minimal 50 sd 70 petani. Ke­menterian Pertanian juga telah membuat tutorial pendaf­taran dalam bentuk video sehingga memudahkan calon peserta yang akan mendaftar. (rb/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *