Rumah Joglo Nyaris Dipereteli Maling, Kursi dan Bangku dari Jati Berusia 150 Tahun Nyaris Raib

by -

METROPOLITAN.id – Vila kayu jati atau yang disebut Rumah Joglo di Desa Gorowong, Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor dipereteli maling.

Beruntung, enam orang pencuri berhasil diringkus usai membawa bangku dan meja kayu jati berusia ratusan tahun menggunakan mobil.

Informasi yang dihimpun, pencurian terjadi pada Rabu (14/7) lalu. Keenam pelaku masuk ke area Vila Jati melalui kawasan kehutanan. Pelaku diketahui membawa mobil dan diparkir di luar pagar vila tersebut.

“Pelaku mencuri kursi, meja, pintu dan papan di dua kamar rumah joglo. Semua bahan material dari kayu jati berusia 150 tahun. Yang ada nilainya, Soko Goru, tiang penunjang bernilai Rp40 jutaan per batang karena usianya yang sudah tua,” ujar Manajer Vila Hutan Jati, Bambang Pranomo saat ditemui di Polsek Parungpanjang, Rabu (28/7).

Baca Juga  Desa Cikuda Pertahankan Budaya Gotong-Royong Pakai DD Penuhi Kebutuhan Warga

Sementara itu, Kapolsek Parungpanjang, Kompol Wagiman mengatakan, pencurian diketahui pada rabu 14 juli 2021. Barang yang sempat diambil 7 buah meja dan kursi kayu jati.

Usai itu, pemilik melapor ke Polsek Parungpanjang. Setelah melakukan penyelidikan, polisi menemukan titik terang.

“Kemudian pada Jumat dan Sabtu setelah korban melapor, dilakukan penangkapan terhadap para pelaku sebanyak 6 orang dengan inisial BC (58), LKM (37), NRM (36), SBH (44), IWN (52), dan HLM (42)thn. Para pelaku dikenakan Pasal 363 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” pungkasnya (sir/c/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *