Samisade Turun, Pemdes Tanjungsari Bangun Jalan Kampung Pangkalpojok

by -

METROPOLITAN – Turun­nya dana Samisade untuk Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungsari, Kecamatan Ci­jeruk, langsung direalisasikan dengan melaksanakan peng­erasan jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 2,5 meter.

Tak hanya itu, Pemdes Tan­jungsari juga membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) dengan panjang 200 meter dan tinggi 1,5 meter serta be­tonisasi jalan sepanjang 282 meter dengan lebar 2,5 meter.

Kepala Desa (Kades) Tan­jungsari, Herman, menga­takan, awalnya warga Kam­pung Pangkalanpojok mem­buka jalan baru untuk roda empat hasil pengajuan warga kepada Pemdes Tan­jungsari. Hal ini untuk mem­permudah warga dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, pemdes merealisa­sikannya untuk pengerasan jalan baru tersebut.

”Saya dan warga awalnya mengadakan kerja bakti. Se­telah Samisade turun, kita lanjutkan dengan pengerasan. Karena ini masuk skala prioritas,warga Kampung Pangkalanpojok kesulitan mengangkut hasil perkebunan. Makanya untuk tahap per­tama ini kita lakukan dulu pengerasan. Mudah-mudahan kalau turun tahap kedua, kita lanjutkan dengan beto­nisasi,” bebernya.

Baca Juga  Samisade Cair, Jaling Leuwimekar Diaspal

Menurutnya, jalan yang di­bangun untuk roda empat ini meliputi RT 14, 16 dan 17/06. Jalan ini sangat vital karena mempermudah mobilisasi, seperti angkutan bahan ma­terial, memudahkan mem­bawa orang sakit atau mening­gal serta memudahkan warga ke pusat kantor desa.

”Kalau jalan ini selesai yang akan menikmatinya ya war­ga sendiri. Mereka akan di­mudahkan dalam semua urusan. Tak perlu lagi bayar ongkos tambahan. Sebelum ada jalan ini, kalau warga membeli pasir Rp700.000. Kalau sampai rumah naik jadi Rp900.000, karena ada ongkos tambahan Rp200.000. Nanti kalau sudah selesai tidak ada lagi seperti itu. Ada yang sakit tidak perlu ditan­du lagi, bisa langsung naik mobil,” paparnya. (nto/b/ suf/py)

Baca Juga  Ini Alasan Bupati ogah Cairkan Samisade Tahap II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *