Sebulan PPKM Diselenggarakan, BOR ICU dan Isolasi di Kabupaten Bogor Menurun

by -
Ilustrasi. (Sandika Fadilah/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat atau level 4 sudah hampir satu bulan dilaksanakan. Hal itu rupanya dirasa efektif untuk menekan angka penularan covid-19 di Kabupaten Bogor.

Bahkan Bed Occupancy Rate (BOR) atau jumlah keterisian tempat tidur ubtuk ICU dan isolasi hingga, Rabu (28/7) mengalami penurunan meski tidak signifikan.

“Untuk tempat tidur ICU 85% sebelumnya 88%, sementara untuk tempat tidur isolasi 73,51% sebelumnya 77,1%,” kata Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Ade Yasin.

Meski begitu, Ade Yasin mengaku masih khawatir jika BOR di sejumlah rumah sakit kembali meningkat. Ia pun mengaku terus menggenjot sosialisasi Protokol Kesehatan (Prokes) serta mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Baca Juga  PCNU Kabupaten Bogor tak Persoalkan Pemimpin Perempuan

Sementara soal penambahan kasus yang jumlahnya ratusan perharinya, menurut Ade Yasin itu merupakan hasil swab PCR yang dilakukan oleh masyarakat yang memiliki KTP Bogor yang dilakukan di sejumlah fadilitas kesehatan di Jabodetabek.

“Sementara jumlah total yang isolasi mandiri di rumah pada (27/7) kemarin, sebanyak 30.637 orang. Saat ini konfirmasi aktif yang isolasi sebanyak 7.696 orang. Kita membagikan bantuan sembako bagi yang isoman melalui tim Bogor Gerak Cepat (Gercep),” paparnya.

Ade Yasin juga berharap dengan adanya perpanjangan PPKM level 4 ini bisa terus menekan angkan penularan covid-19. Begitu juga kelonggaran yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat memulihkan perekonomian.

Baca Juga  Besok Bupati Bogor Diperiksa Polda Jabar Terkait Kerumunan Megamendung, Ade Yasin Siap Hadir

“Jadi masyarakat harus faham adanya pelonggaran dalam PPKM ini bukan berarti prokesnya diabaikan juga. Masyarakat harus mengutamakan prokes agar penularan ini tidak berlanjut,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.