Waduh! Banyak Pasien Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa yang Keluyuran

by -

METROPOLITAN.id – Dibalik tingginya kasus penularan Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur memunculkan fakta mengejutkan. Sebagian warga yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 masih ada yang melakukan keluyuran.

Pantauan Metropolitan.id di lokasi perumahan, terlihat seorang bapak berkaos putih tengah mengendarai sepeda motor bersama anaknya. Ia terlihat membawa galon air di motornya.

Namun setelah sang bapak berlalu, petugas baru menyadari bahwa orang tersebut seharusnya melakukan isolasi mandiri (Isoman) di kediamannya. Sebab, yang bersangkutan sudah dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa Tembus 100 Orang, Jumlah Masih Bisa Bertambah

Menanggapi itu, Korlap Satgas Covid-19 Perumahan Griya Katulampa, Agus Tri Suprayudi mengakui bahwa dirinya saat ini tengah kewalahan mengurus warga positif Covid-19 yang melakukan keluyuran. Karena, kejadian ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Perumahan Griya Katulampa.

Baca Juga  Kasus Covid-19 Melonjak, Kota Bogor Tutup Jalur SSA

“Ini salah satu Isoman yang keluyuran, kita sudah susah mengisolasi dan mengkarantina orang disini (Perumahan Griya Katulampa),” kata Agus seraya menunjuk salah satu pasien positif yang tengah keluar rumah itu, Senin (5/7).

Baca Juga: Ini Kronologi Warga Perumahan Griya Katulampa Terpapar Covid-19

Menurut Agus, sebenarnya persoalan seperti ini sudah pihaknya laporkan baik ke Kelurahan hingga Kecamatan. Bahkan, pihaknya melakukan peneguran langsung dengan menghimbau warga positif Covid-19 agar tidak melakukan keluyuran.

Akan tetapi, kasus seperti itu masih terjadi hingga saat ini. “Yang jelas dari kita (Satgas) sudah sering kali mengingatkan warga untuk mematuhi protap yakni melaukan Isoman. Tapi kembali lagi semua ke kesadaran masyarakat yang kurang. Intinya kalau saya selalu mengingatkan kepada warga jangan jadi penular,” imbuhnya.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Kota Bogor Minta Jarak Vaksin Kedua Dipercepat

Tak sampai situ, dijelaskan Agus, bukan hanya kesadaran warga yang kurang dalam mematuhi Isoman. Melainkan, warga juga kurang pro aktif saat diajak mengikuti tes Covid-19 yang diselenggarakan pihaknya pada Senin (5/7).

Baca Juga: Ini Jawaban Camat Soal Banyak Pasien Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa yang Keluyuran

“Terbukti, dari 45 warga yang diundang mengikuti swab PCR, hanya 35 orang yang mengikuti. Mereka dengan alasan masing-masing, ada juga yang menolak,” bebernya.

“Kalau disini kebanyakan begitu, pas tau positif mereka tidak mau lapor dan kesulitan kita disitu,” ucap dia.

“Ketika dia ada masalah seperti mengalami gangguan penciuman, perasa hingga saturasi oksigen turun dibawah 90 baru mereka lapor ke kita,” ujarnya.

Baca Juga  Ganjil Genap Kota Bogor Diperpanjang Sepekan, Berlaku Juga di Hari Kerja

Sebelumnya, kabar mengejutkan datang di tengah penyebaran kasus Covid-19 di Perumahan Griya Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Jumlah warga Perumahan Griya Katulampa yang terpapar virus Corona tembus menjadi 100 orang per Senin (5/7).

Jumlah ini pun dinilai masih bisa terus bertambah lantaran Satgas Covid-19 Perumahan Griya Katulampa masih menunggu hasil PCR ke-35 warganya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *