20.000 Sembako Siap Disebar bagi Warga Isoman

by -

METROPOLITAN – Meski kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Bogor menurun, Dinas Sosial (Dinsos) tetap menyiapkan anggaran sebe­sar Rp3 miliar untuk mem­bantu warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Co­vid-19.

“Rencananya kita siapkan sekitar Rp3 miliar. Tapi, kita lihat sesuai kebutuhan. Kalau warganya banyak yang mem­butuhkan pasti ditambah. Tapi kalau kurang dari yang kita siapkan, kita keluarkan sesuai data yang kita terima,” kata Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Supriadi, Rabu (4/8).

Dari Rp3 miliar tersebut, menurut Supriadi, pihaknya akan menyiapkan sekitar 20.000 paket sembako untuk warga yang tengah isoman. “Kita rencananya siapkan 20.000 paket untuk warga isoman dengan nilai per paket sebesar Rp150.000,” paparnya.

Baca Juga  Harga Telur Anjlok

Distribusi paket sembako ini sudah dilakukan Dinas Sosial. Per 31 Juli 2021, Su­priadi menyebutkan sembako yang sudah tersalurkan seba­nyak 6.407 paket. “Bantuan ini sudah tersebar di 40 keca­matan di Kabupaten Bogor,” tuturnya. “Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan warga saat isoman agar cepat sem­buh. Kita harap dengan ban­tuan ini warga bisa lebih pa­tuh terhadap aturan protokol kesehatan,” sambungnya.

Di samping itu, Dinsos juga masih terus mendistribusikan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Ke­mensos) kepada warga di Bumi Tegar Beriman. “Ada 102.713 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Bogor yang me­nerima BST ini,” ungkap Ke­pala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupa­ten Bogor, Djodi Anggoro­nadi.

Baca Juga  Harga Meroket, Pedagang Menjerit

Djodi mengatakan, BST Ke­mensos yang diberikan ke­pada warga Kabupaten Bogor ini sebesar Rp600 ribu. Proses pendistribusian dilakukan secara door to door melalui Kantor Pos. “Bantuan diberi­kan dalam dua tahap. Di mana setiap tahapnya kami distribusikan sebesar Rp300 ribu,” jelasnya.

Menurut Djodi, BST Kemen­sos ini merupakan bantuan periode Mei dan Juni 2021. Bantuan ini untuk memban­tu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya saat masa Pemberlakuan Pemba­tasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dinas Sosial Kabupaten Bo­gor juga menargetkan pen­distribusian BST Kemensos tersebut bisa selesai Agustus 2021. “Semoga pendistribu­sian BST ini bisa selesai se­suai target yang sudah dite­tapkan,” ungkap Djodi. (mam/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.