Dekopinda Educooptrip, Belajar Perkoperasian dengan Cara Berbeda

by -

METROPOLITAN.id – Sejak pukul Sembilan beberapa orang dengan bermasker dan menjaga jarak sudah berkumpul di Minapolitan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Mereka adalah pengurus dan anggota Gerakan Koperasi yang akan mengikuti kegiatan Dekopinda Educooptrip, aktivitas kunjungan ke koperasi yang memiliki unit usaha yang spesifik untuk menjadi ajang pembelajaran serta penanaman nilai-nilai perkoperasian melalui kegiaatan di alam terbuka.

Kali ini kegiatan Dekopinda educooptrip berlangsung di Kawasan minapolitan Ciseeng, Sabtu (31/7). Diikuti sekitar 32 orang peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, perwakilan Dewan Pakar Dekopinda, pengurus Dekopinda dan anggota Gerakan Koperasi di kabupaten Bogor.

Kegiatan diawali dengan penyampaian sambutan oleh ketua Dekopinda kabupaten Bogor, Pepi Januar Pelita, Sambutan kepala Dinas Koperasi dan UKM, Asep Mulyana Sudrajat, dan Ketua Pengurus Koperasi Maju Ikan Indonesia, Amran.

Baca Juga  20 Penerjun Payung Hiasi Langit Bogor

Dalam sambutannya, Pepi januar, menyampaikan mengenai latar belakang kegiatan Dekopinda educooptrip.

“kegiatan ini adalah upaya untuk menguatkan eksistensi Koperasi melalui kegiatan pembelajaran perkoperasian dengan media kunjungan ke sentra dan unit usaha koperasi,” tutur Pepi Januar.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekopinda juga menyampaikan bahwa kegiatan Dekopinda Educooptrip merupakan kegiatan yang akan menjadi kalender rutin bagi Dekopinda dan berharap adanya dukungan dari semua pihak sebagai bentuk komitmen menguatkan peran dan fungsi koperasi.

Sementara itu, kepala Dinas Koperasi, Asep Mulyana Sudrajat mengungkapkan hal yang sama tentang pentingnya Gerakan Koperasi untuk saling menguatkan melalui kerjasama-kerjasama, baik dari sisi kelembagaan maupun dari sisi bisnis Koperasi melalui kegiatan educooptrip.

Baca Juga  Hari Jadi Bogor ke-539 dan Masa Penuh Tantangan; Ekonomi Merosot, Pengangguran Melonjak. Ayo Bangkit Bersama!

“Saya menyambut baik kegiatan Dekopinda dalam bentuk educooptrip dan memberikan apresiasi yang tinggi, walaupun dukungan dana dari Pemkab sangat minim, namun kegiatan Dekopinda senantiasa dapat berlangsung tanpa terkendala masalah anggaran demikian juga apresiasi kami sampaikan kepada Koperasi Maju Ikan Indonesia, sebagai satu-satunya Koperasi di Kabupaten Bogor yang concern di bidang perikanan,” kata Asep Mulyana.

Ketua Koperasi Maju Ikan Indonesia, Amran, menyampaikan sekilas tentang perkembangan Koperasi Maju Ikan Indonesia yang relatif masih berusia muda, namun keberadaannya dirasakan sangat bermanfaat oleh para pembudidaya ikan konsumsi maupun Ikan hias.

Amran mengaku berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya ikan, baik ikan hias ataupun ikan konsumsi melalui Koperasi.

Baca Juga  Mudik ke Kota Bogor? Wajib Isolasi Mandiri Dulu Sebelum Ketemu Keluarga

“Kami yakin dengan kebersamaan yang diwujudkan melalui Gerakan koperasi, para pembudidaya ikan akan memiliki masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Kegiatan Eekopinda Educooptrip dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi budidaya Ikan gurame dan ikan koi.

Dalam kunjungan tersebut, ada diskusi interaktif seputar teknis tata kelola budidaya ikan konsumsi dan ikan hias. Setelah sekira satu setengah jam kunjungan dan diskusi, kegiatan ditutup dengan makan siang bersama dengan menu serba ikan. (*/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *