HUT ke-76 RI Harus Jadi Momentum Akhiri Pandemi Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Bupati Bogor Ade Yasin mengajak masyarakat menjadikan momentum HUT Ke-76 RI untuk terus berjuang melawan pandemi Covid-19. Ia juga mendorong masyarakat untuk bisa mengakhiri pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin saat memimpin Upacara Pengibaran Merah Putih memperingati HUT Ke-76 RI di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (17/8).

Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan, kemerdekaan RI telah memasuki usia ke-76. Artinya, tiga setengah abad perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dengan segenap tumpah darah, jiwa dan raga demi meraih kehidupan kebangsaan yang merdeka.

Momentum hari Kemerdekaan kali ini juga harus menjadi upaya meneladani perjuangan para pahlawan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga  Jadi Sarana Mencegah Konflik, Kembangkan Potensi Kearifan Lokal

“Kita harus berjuang melawan Covid-19, karena wabah Covid-19 ibarat musuh tak terlihat, menjadi bencana kesehatan dan kemanusiaan abad ini, bahkan berdampak pada seluruh lini kehidupan termasuk indikator makro sosial ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang negatif, meningkatnya pengangguran, kemiskinan, dan menurunnya pendapatan daerah,” ujar Ade Yasin.

Bahkan menurutnya, pada Juli 2021, penyebaran virus Covid-19 mencapai angka paling tinggi di Kabupaten Bogor sepanjang pandemi Covid-19 melanda.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor ini mencatat, rata-rata penambahan kasus positif per hari saat itu mencapai 600 kasus, dan keterisian kamar rumah sakit (BOR) mencapai 100 persen.

“Tapi alhamdulilah berkat upaya luar biasa bahu-membahu antara Pemkab Bogor, TNI/Polri, pemangku kepentingan, serta seluruh masyarakat, saat ini kasus positif mulai melandai dan keterisian rumah sakit turun dibawah 40 persen,” ungkapnya.

Baca Juga  Mahasiswa Tolak Kemunculan Kelompok Pro Khilafah yang Dukung Capres 2024

Meski demikian, Ade Yasin berpesan aar masyarakat tidak lengah dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan menggencarkan vaksinasi.

Menurut Ade Yasin, di tengah kondisi pandemi, protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi pertahanan terbaik dan tindakan patriotik. Sebab, bisa menyelamatkan begitu banyak orang dari bahaya Covid-19 dan mempercepat tercapainya herd immunity serta pemulihan sosial ekonomi.

“Melandainya kasus Covid-19 disertai percepatan vaksinasi menguatkan semangat dan optimisme bahwa keadaan akan semakin membaik dan memberikan harapan aktivitas masyarakat dan dunia. Usaha dapat dibuka kembali secara bertahap sambil terus menggencarkan vaksinasi, disiplin prokes, sehingga Kabupaten Bogor dapat bangkit dan tumbuh kembali,” tandas Yasin. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.