Kawasan Puncak Bogor Tetap Diperketat, Tak Ada Kelonggaran Saat Perpanjangan PPKM Level 4

by -
Petugas saat melakukan penyekatan di Simpang Gadog menuju Puncak, Kabupaten Bogor. Pengendara dari luar Bogor yang tak bisa menunjukan hasil tes Covid-19 diminta putar arah. (Foto: Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kawasan Puncak, Bogor yang menjadi langganan destinasi wisata terpaksa masih harus diperketat.

Hal itu disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin saat mendampingi Kapolri Jenderal Lystio Sigit Prabowo saat meninjau akselerasi vaksinasi di IPB University, Selasa (3/8).

Menurutnya, kebijakan tersebut menyusul diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Meskipun, Kabupaten Bogor masuk dalam Level 3

“Jadi gini, sebetulnya kan kita level nya tiga, tapi karena di Jabodetabek rata rata 4, maka kita harus samakan,” ujar Ade Yasin.

Menurutnya, jika wilayah Kabupaten Bogor dilonggarkan, warga daerah lain akan masuk ke Bogor. Hal ini dikhawatirkan membuat wilayah Ade Yasin kembali menjadi zona merah.

Baca Juga  Lapas Paledang Pindah ke Pasirjambu

“Kalau kita longgarkan nanti daerah lain masuk ke kita dan malah nanti jadi merah. Jadi kita harus seragam kebijakannya. Sama, belum ada kelonggaran,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diperpanjang kembali hingga 9 Agustus 2021. Keptusan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Youtube Sekretariat Presiden dari Istana Bogor, Senin (2/8).

Dalam pernyataannya, Jokowi menyebut PPKM Level 4 yang diberlakukan sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 telah membawa perbaikan di skala nasional. perbaikan tersebut meliputi konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, kesembuhan hingga presentase ketersediaan tempat tidur rawat ataur BOR.

“PPPKM Level 4 yang diberlakukan 26 Juli sampai 2 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya, baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan presentase BOR,” ujar Jokowi.

Baca Juga  Ade Yasin Minta Kasatpol PP yang Baru Jangan Loyo

Atas dasar itu, pemerintah memutusakan melajutkan penerapan PPKM Level 4 terhitung mulai besok, Selasa (3/8) hingga 9 Agustus 2021

“Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktifitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daeerah. Hal-hal teknis selangkapnya akan diijelaskan menko dan menteri terkait,” ungkapnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.