Kelurahan di Bogor Gelar Pemilihan Ketua RW/RT di tengah Pandemi, Warga Nyoblos dari Rumah

by -

METROPOLITAN.id – Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menggelar pemilihan pejabat di wilayahnya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Ada empat jabatan yang diperebutkan, terdiri dari Ketua RW dan tiga Ketua RT pada hari ini, Minggu (1/8).

Menariknya, pemilihan kali ini dilakukan tidak seperti biasanya. Warga yang biasanya harus berdatangan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya, kini tidak perlu melakukannya.

Mereka cukup memberikan hak suaranya dari rumah masing-masing. “Jadi berhubung kondisi saat ini tengah dilanda pandemi. Kita laksanakan pemilihan secara dor to dor,”

“Artinya, masing-masing panitia mendatangi rumah-rumah warga dengan membawa kotak suara. Nanti warga tinggal nyoblos di rumahnya masing-masing,” kata Panitia Pemilihan, Irwan Setiawan kepada Metropolitan.id, Minggu (1/8).

Baca Juga  Kabar Bahagia! Pemkot Bogor Bakal Salurkan Ratusan Paket Sembako Bagi warga Belum Terima Bantuan

Menurutnya, pemilihan Ketua RW dan RT yang dilakukan secara dor to dor ini dipilih untuk mencegah penularan Covid-19.

Sebab, apabila pemilihan dilakukan seperti biasa, dilaksanakan di TPS, tak dipungkiri kerumunan akan terjadi.

“Dalam pemilihan ini kami juga meminta panitia hingga warga agar tetap menerapkan prokes ketat untuk mencegah Covid-19,” ucap dia.

Soal kekhawatiran adanya manipulasi suara dari pemilihan yang dilakukan secara dor to dor, Irwan memastikan, dalam pemilihan ini panitia mengikutsertakan saksi dari masing-masing kandidat.

“Jadi perwakilan kandidat juga ikut menyaksikan pemungutan suara ini. Kami juga melibatkan perwakilan dari kelurahan,” pastinya.

Sementara itu, seorang pemilik hak suara, Tita mengaku cukup terbantu dengan sistem pemungutan suara secara dor to dor ini. Karena, dengan cara seperti ini warga tidak perlu takut akan terjadinya penularan Covid-19.

Baca Juga  Pandemi Covid-19, Belanja Online Naik Daun

“Tadinya sih saya juga takut mau ngasih suara kalau pemungutannya dilakukan di TPS. Tapi kalau kaya gini (dor to dor) jadi lebih mudah, tidak perlu repot-repot keluar rumah,” kata dia.

“Jauh dari kerumunan dan kayanya lebih irit juga biayanya. Bagus sih cara pemilihan seperti ini,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Tita berharap agar Ketua RW dan RT terpilih nanti dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Semoga kedepannya untuk ketua yang terpilih semoga amanah, dapat menerima masukan dari warga, dapat meningkatkan SDM yang ada dan dapat memimpin dengan baik,” tandasnya.

Adapun, empat wilayah yang memperebutkan ketua baru di Kelurahan Menteng terdiri dari RW 12 serta RT 01, 02 dan 03. (mg1/rez)

Baca Juga  1.000 Warga Kedung Badak Terima Bantuan Beras 10 Kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *